TINGKAT KESUKARAN, DAYA PEMBEDA DAN EFEKTIVITAS PENGECOH SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER PJOK KELAS IV DAN V SD NEGERI NGOMBOL, PURWOREJO TAHUN AJARAN 2020/2021

Ashari, Sendi Dwi (2021) TINGKAT KESUKARAN, DAYA PEMBEDA DAN EFEKTIVITAS PENGECOH SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER PJOK KELAS IV DAN V SD NEGERI NGOMBOL, PURWOREJO TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_sendi dwi ashari_17604224044.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal ulangan akhir semester PJOK kelas IV dan V SD Negeri Ngombol dengan analisis butir soal yang ditinjau dari tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektivitas pengecoh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan dolumentasi yaitu untuk memperoleh data soal ulangan, lembar jawab dan kunci jawaban siswa seluruh peserta ujian, serta jumlah sempel dari penelitian ini adalah 73 peserta ujian. Kemudian pada proses analisis menggunakan alat bantu komputer yaitu dengan aplikasi anates V4, yang dimana akan dianalisis melalui segi tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektivitas pengecoh. Hasil analisis dari total keseluruhan 20 butir soal pada kelas IV yang ditinjau dari segi tingkat kesukaran butir soal terdapat sebanyak 15% butir soal termasuk dalam kategori sukar, 60% butir soal termasuk dalam kategori sedang dan 25% butir soal termasuk dalam kategori mudah. Ditinjau dari segi daya pembeda butir soal terdapat sebanyak 15% butir soal termasuk dalam kategori jelek, 45% butir soal termasuk dalam kategori sedang, 20% butir soal termasuk dalam kategori baik, 0% butir soal termasuk dalam kategori sangat baik dan 20% butir soal termasuk dalam kategori jelek sekali. Ditinjau dari segi efektivitas pengecoh butir soal terdapat sebanyak 25% butir soal termasuk dalam kategori sangat baik 15% butir soal termasuk dalam kategori baik, dan 35% butir soal termasuk dalam kategori cukup baik, 25% butir soal termasuk dalam kategori kurang, kenudian untuk hasil analisis dari total keseluruhan 20 butir soal pada kelas V yang ditinjau dari segi tingkat kesukaran terdapat sebanyak 20% butir termasuk dalam kategori sukar, 30% butir soal termasuk dalam kategori sedang dan 50% butir soal termasuk dalam kategori mudah. Ditinjau dari segi daya pembeda butir soal terdapat sebanyak 40% soal termasuk dalam kategori jelek, 35% butir soal termasuk dalam kategori sedang, 25% butir soal termasuk dalam kategori baik. Ditinjau dari segi efektivitas pengecoh butir soal terdapat sebanyak 35% butir soal termasuk dalam kategori sangat baik, 20% butir soal termasuk dalam kategori baik, 35% butir soal termasuk dalam kategori cukup baik, dan 10% butir soal termasuk dalam kategori kurang baik.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Agus Susworo Dwi Marhaendro, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: analisis butir soal, ulangan akhir semester, PJOK
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 Nov 2021 09:28
Last Modified: 17 Nov 2021 09:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71423

Actions (login required)

View Item View Item