HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PENGGUNAAN SMARTPHONE DAN KUALITAS TIDUR DENGAN KEBUGARAN JASMANI PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 KARANGPUCUNG KABUPATEN CILACAP PADA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2021

Hambali, Yogi Imam (2021) HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PENGGUNAAN SMARTPHONE DAN KUALITAS TIDUR DENGAN KEBUGARAN JASMANI PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 KARANGPUCUNG KABUPATEN CILACAP PADA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2021. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_yogi imam hambali_17601244051.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara intensitas penggunaan smartphone dengan kebugaran jasmani. (2) hubungan antara kualitas tidur dengan kebugaran jasmani peserta didik. (3) hubungan antara intensitas penggunaan smartphone dan kualitas tidur dengan kebugaran jasmani. (4) sumbangan efektif intensitas penggunaan smartphone dengan kebugaran jasmani. (5) sumbangan efektif kualitas tidur dengan kebugaran jasmani peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Karangpucung Kabupaten Cilacap pada masa pandemi Covid-19 tahun 2021. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan yaitu korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Karangpucung Kabupaten Cilacap yang berjumlah 212 peserta didik. Penentuan besaran sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin dengan sampling error sebanyak 10% berjumlah 68 peserta didik. Instrumen untuk mengukur kebugaran jasmani yaitu tes TKJI usia 13-15 tahun dan intensitas penggunaan smartphone serta kualitas tidur diukur menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada hubungan yang signifikan antara intensitas penggunaan smartphone dengan kebugaran jasmani, dengan nilai r hitung sebesar -0,619. (2) Ada hubungan yang signifikan antara kualitas tidur dengan kebugaran jasmani, dengan nilai r hitung sebesar -0,608. (3) Ada hubungan yang signifikan antara intensitas penggunaan smartphone dan kualitas tidur dengan kebugaran jasmani, dengan nilai F hitung sebesar 29,817. (4) sumbangan efektif intensitas penggunaan smartphone dengan kebugaran jasmani sebesar 24,01%. (5) sumbangan efektif kualitas tidur dengan kebugaran jasmani peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Karangpucung Kabupaten Cilacap pada masa pandemi Covid-19 tahun 2021 sebesar 22,19%.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Jaka Sunardi, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: intensitas penggunaan smartphone, kualitas tidur, kebugaran jasmani
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 16 Nov 2021 09:44
Last Modified: 16 Nov 2021 09:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71420

Actions (login required)

View Item View Item