PENGEMBANGAN MODEL AKTIVITAS FISIK KETIKA PANDEMI SEBAGAI UPAYA MENJAGA KEBUGARAN JASMANI PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS

Baja, Fuadi Raja (2021) PENGEMBANGAN MODEL AKTIVITAS FISIK KETIKA PANDEMI SEBAGAI UPAYA MENJAGA KEBUGARAN JASMANI PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_fuadi raja baja_19711251095.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan sebuah produk model aktivitas fisik selama pandemi untuk menjaga kebugaran jasmani peserta didik SMA yang dikemas dalam bentuk buku, (2) mengetahui kevalidan model aktivitas fisik selama pandemi untuk peserta didik SMA, (3) mengetahui kelayakan praktis model aktivitas fisik selama pandemi untuk peserta didik SMA, dan (4) mengetahui efektivitas model aktivitas fisik selama pandemi sebagai upaya menjaga kebugaraan jasmani peserta didik SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model penelitian pengembangan ADDIE yang melibatkan tahap-tahap pengembangan model dengan lima langkah/fase pengembangan meliputi analysis, design, development or production, implementation dan evaluations. Validasi dilakukan oleh para pakar di bidangnya dengan ahli materi dan ahli media. Uji coba terdiri atas uji coba skala kecil, uji coba skala besar, dan uji efektivitas. Subjek yang berpartisipasi dalam penelitian ini berjumlah 165 peserta ddik SMA. Teknik pengumpulan data penelitian dengan menggunakan pengisian kuesioner dan Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) umur 16-19 tahun. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian ini adalah menciptakan model aktivitas fisik bagi peserta didik yang dikembangkan dan dikemas dalam bentuk buku. Model aktivitas fisik yang dikembangkan tergolong “sangat layak” dan “valid” berdasarkan pada hasil validasi yang dilakukan ahli materi dan ahli media. Hasil uji efektivitas produk dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai t hitung 9,365 > t tabel (df 29) 2,045 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest. Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa kebugaran jasmani peserta didik meningkat setelah melakukan aktivitas fisik.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Yustinus Sukarmin, M.S.
Uncontrolled Keywords: aktivitas fisik, kebugaran jasmani, pandemi
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 12 Nov 2021 08:22
Last Modified: 12 Nov 2021 08:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71396

Actions (login required)

View Item View Item