PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN KEBUGARAN JASMANI DAN KERJASAMA SISWA SD KELAS BAWAH

Parlindungan, Sollimatul (2021) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN KEBUGARAN JASMANI DAN KERJASAMA SISWA SD KELAS BAWAH. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_sollimatul parlindungan_19711251092.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan model pembelajaran kebugaran jasmani dan kerjasama yang bervariasi yang sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar kelas bawah, (2) Mengetahui kelayakan model pembelajaran berbasis permainan sederhana yang dikembangkan untuk meningkatkan kebugaran dan kerjasama siswa SD kelas bawah., dan (3) Mengetahui kefektifan model pembelajaran kebugaran jasmani dan kerjasama melalui permainan sederhana dalam meningkatkan pengetahuan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R & D) dengan model pengembangan Sugiyono. Langkah penelitian terdiri dari: tahap pra-pengembangan dan tahap pengembangan. Validasi produk dilakukan oleh tiga orang ahli materi dan tiga ahli pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah guru PJOK dan peserta didik SDN 100303 Pargarutan & SDN 100316 Pargarutan. Uji coba yang dilakukan meliputi dua tahapan, yaitu uji coba skala kecil yang dilakukan terhadap satu responden guru PJOK, uji coba skala besar dengan dua responden guru PJOK, dan pada uji efektivitas dengan 20 responden peserta didik SD kelas bawah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Produk yang dihasilkan model pembelajaran kebugaran jasmani dan kerjasama yang bervariasi membantu guru dan siswa. (2) ) Tingkat kelayakan produk berdasarkan penilaian tiga ahli materi dengan kategori “Layak”. Validasi tiga ahli pembelajaran mendapat penilaian dengan kategori “Sangat Layak”. Produk ini melalui tahap uji coba skala kecil dengan kategori “Sangat Layak”. Dan tahap uji coba skala besar, produk ini mendapatkan hasil dengan kategori “Sangat Layak”. (3) Uji efektivitas pada aspek kognitif diperoleh nilai rata-rata Pre test 4,25 dan Post test 5,80. Pada aspek afektif diperoleh nilai rata-rata Pre test 4,40 dan Post test 5,85. Pada aspek psikomotor diperoleh nilai rata-rata Pre test 4,55 dan Post test 5,95. Berdasarkan uji Paired Sample T Test diketahui nilai t-hitung untuk hasil belajar siswa Pre Test dan post-test adalah p < 0,05. Yang artinya menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis permainan sederhana efektif untuk meningkatkan kebugaran dan kerjasama siswa SD kelas bawah.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Wawan Sundawan Suherman, M.Ed.
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, permainan sederhana, kebugaran jasmani, kerjasama, sekolah dasar
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 12 Nov 2021 07:56
Last Modified: 12 Nov 2021 07:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71394

Actions (login required)

View Item View Item