PENGEMBANGAN MODEL AKTIVITAS JASMANI MELALUI PERMAINAN SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN KECEPATAN DAN KELINCAHAN PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR KELAS BAWAH

Pambayu, Septadi Hanif (2021) PENGEMBANGAN MODEL AKTIVITAS JASMANI MELALUI PERMAINAN SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN KECEPATAN DAN KELINCAHAN PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR KELAS BAWAH. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_septadi hanif pambayu_19711251090.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk model aktivitas jasmani melalui permainan sederhana untuk meningkatkan kecepatan dan kelincahan peserta didik SD kelas bawah, serta mengetahui kelayakkan dan keefektivan model aktivitas jasmani melalui permainan sederhana. Model aktivitas jasmani ini dikembangkan untuk dapat digunakan oleh peserta didik SD kelas bawah dalam menghadapi kemungkinan penurun performa kecepatan dan kelincahan peserta didik pada saat pembelajaran PJOK, sehingga peserta didik SD kelas bawah mampu menjaga peforma kecepatan dan kelincahan pada saat pembelajaran PJOK. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Borg & Gall meliputi sepuluh tahapan yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan diseminasi. Subjek penelitian ini adalah guru PJOK dan peserta didik SD. Uji coba yang dilakukan meliputi dua tahapan, yaitu uji coba skala kecil yang dilakukan terhadap satu guru PJOK dengan 20 peserta didik, uji coba skala besar dengan dua guru PJOK dengan 40 peserta didik, dan pada uji efektivitas dengan dua guru PJOK dengan 40 peserta didik. Hasil penelitian ini adalah model aktivitas jasmani melalui permainan sederhana untuk guru yang digunakan sebagai bahan pembelajaran PJOK untuk peserta didik SD kelas bawah, tingkat kelayakan produk ini diketahui melalui penilaian validasi ahli materi mendapatkan hasil rata-rata penilaian aspek materi sebesar 3,72 dengan kategori “baik/layak”, validasi ahli media mendapatkan penilaian sebesar 3,48 dengan kategori “baik/layak”, dan validasi praktisi/guru mendapatkan penilaian sebesar 4,46 dengan kategori “sangat baik/sangat layak”, pada tahap uji coba skala kecil, diperoleh hasil penilaian dari guru sebesar 4,2 dengan kategori “sangat layak” dan hasil tes kecepatan dan kelincahan sebesar 60% dan 55% dengan kategori “cukup”, pada tahap uji coba skala besar, diperoleh hasil penilaian dari guru sebesar 4,25 dengan kategori “sangat layak” dan hasil tes kecepatan dan kelincahan sebesar 75% dan 70% dengan kategori “layak”, berdasarkan uji efektivitas variabel kecepatan dengan tes lari cepat 30 m diperoleh nilai pretest sebesar 52,5% dan posttest sebesar 90%. Variabel kelincahan dengan lari zig-zag diperoleh nilai pretest sebesar 45% dan posttest sebesar 80%. Dapat disimpulkan bahwa menghasilkan model aktivitas jasmani melalui permainan sederhana yang sudah tervalidasi kelayakannya dan teruji keefektifannya untuk meningkatkan kecepatan dan kelincahan peserta didik SD kelas bawah.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Yustinus Sukarmin, M.S.
Uncontrolled Keywords: permainan sederhana, kecepatan, kelincahan
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 12 Nov 2021 07:09
Last Modified: 12 Nov 2021 07:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71391

Actions (login required)

View Item View Item