MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATERI PENCAK SILAT DI TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Sari, Dyah Purnama (2021) MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATERI PENCAK SILAT DI TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_dyah purnama sari_18711251079.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran pencak silat sebagai panduan guru dalam mengajarkan materi pencak silat dengan model problem based learning pada jenjang SMP Kelas VII. Modul yang dikembangkan berisi kerangka pembelajaran, materi problem based learning, materi gerak spesifik pencak silat dan kegiatan pembelajaran pada materi pencak silat dengan menggunakan model problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development. Pengembangan modul pembelajaran dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, yaitu pembuatan modul pembelajaran, (4) validasi oleh ahli, (5) uji coba skala kecil, (6) uji coba skala besar, dan (7) produk akhir. Subjek uji coba skala kecil adalah enam guru PJOK SMP di Kabupaten Bantul, sedangkan subjek uji coba skala besar adalah 70 guru PJOK SMP di Kabupaten Sleman. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner rancangan produk dan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif pada skala penilaian. Uji coba pemakaian produk tidak dapat dilaksanakan karena terkendala pandemi sehingga sekolah belum mengadakan pembelajaran tatap muka. Hasil penelitian menunjukkan validasi menurut penilaian ahli materi “layak” dengan persentase 83,89%, penilaian ahli media “sangat layak” dengan persentase 85,89%. Penilaian guru pada uji coba skala kecil menunjukkan kategori “sangat layak” dengan persentase 90,20% dan uji coba skala besar menunjukkan kategori “sangat layak” dengan persentase 88,67%.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Panggung Sutapa, M.S.
Uncontrolled Keywords: modul pembelajaran, pencak silat, problem based learning
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 12 Nov 2021 07:02
Last Modified: 12 Nov 2021 07:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71390

Actions (login required)

View Item View Item