PEMBINAAN CABANG OLAHRAGA FUTSAL DI JOGOKARYAN FUTSAL ACADEMY KOTA YOGYAKARTA (Sebuah Kajian Kritis Tentang Pengelolaan Futsal Academy)

Herdanto, Nugroho Agung (2021) PEMBINAAN CABANG OLAHRAGA FUTSAL DI JOGOKARYAN FUTSAL ACADEMY KOTA YOGYAKARTA (Sebuah Kajian Kritis Tentang Pengelolaan Futsal Academy). S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_nugroho agung herdanto_19711251100.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai kinerja program, program pelatihan futsal, peran kinerja fasilitator pengurus dalam meningkatkan sarana dan prasarana, dukungan masyarakat sekitar, dan prestasi futsal di Jogokaryan Futsal Academy Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Ketiganya merupakan komponen yang tidak bisa terpisahkan guna memperoleh data dalam penelitian. Teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Dalam menetapkan keabsahan data dengan uji kredibilitas, transferability, dependability, dan confirmability. Subjek dalam penelitian ini adalah pengurus, pelatih, atlet/ pemain, dan orang tua. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan penelitian, hasil dan analisis data, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) Pelaksanaan pembinaan prestasi di Jogokaryan Futsal Academy Kota Yogyakarta sudah baik. Pemassalan dilakukan dengan cara interaksi langsung dan interaksi tidak langsung. Pembibitan dilakukan melalui pembibitan pemain dari pelajar dan mahasiswa yang ada di wilayah Kota Yogyakarta; 2) Sumber daya manusia di Jogokaryan Futsal Academy Kota Yogyakarta masuk dalam kriteria baik, pelatih memiliki sertifikat/lisensi nasional, atlet/ pemain memiliki motivasi dan prestasi tingkat nasional, dan kepengurusan sudah berjalan sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing; 3) Sarana dan prasarana di Jogokaryan Futsal Academy Kota Yogyakarta cukup baik, namun masih terdapat kekurangan pada bola; 4) Banyak atlet/ pemain yang berprestasi meskipun atlet/ pemain ada yang jarang datang latihan; 5) Orang tua dan masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta mendukung adanya pembinaan futsal.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Sugeng Purwanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pembinaan, olahraga, futsal
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 12 Nov 2021 06:12
Last Modified: 12 Nov 2021 06:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71389

Actions (login required)

View Item View Item