EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SAAT PANDEMI COVID-19 DI SMAN KECAMATAN BANGUNTAPAN

Wibowo, Danang Arif (2021) EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SAAT PANDEMI COVID-19 DI SMAN KECAMATAN BANGUNTAPAN. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_danang arif wibowo_18711251001.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Evaluasi Context yang meliputi perangkat pembelajaran PJOK. 2) Evaluasi Input yang meliputi sarana prasarana guru dan siswa serta kompetensi guru dalam pengopersian berbagai aplikasi Pembelajaran Jarak Jauh. 3) Evaluasi Process yang meliputi proses pelaksanaan guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh. 4) Evaluasi Product yang meliputi pencapaian tingkat partisipasi siswa. Evaluasi dilakukan dengan model Context, Input, Process, Product (CIPP) dimana pada masing-masing konsep evaluasi memiliki variabel dan kriteria yang berbeda. Konsep evaluasi Context dengan variabel berupa perangkat pembelajaran PJOK. Konsep evaluasi Input dengan variabel latar belakang guru, sarana dan prasarana serta kompetensi guru dalam pengoperasian Pembelajaran Jarak Jauh. Konsep evaluasi Process pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh berbasis Daring (dalam jaringan). Konsep evaluasi Product tingkat partisipasi siswa. Penelitian di SMAN 1 Banguntapan dan SMAN 2 Banguntapan melibatkan responden sebanyak 88 siswa dan 2 guru Penajsorkes pada masing-masing sekolah. Teknik pengambilan data pada penelitian ini meliputi Observasi, Kuesioner dan Dokumentasi. Data kuantitatif yang didapatkan diolah secara statistik menggunakan aplikasi SPSS kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi Context terkait penyusunan perangkat pembelajaran berupa Silabus dan RPP di SMAN 1 Banguntapan dan SMAN 2 Banguntapan masuk dalam kategori sangat tinggi. Untuk evaluasi Input setiap guru dan siswa memiliki sarana prasarana yang memadai dalam menunjang Pembelajaran Jarak Jauh. Selain itu, terkait dengan kompetensi guru dalam pengopersian berbagai aplikasi berupa whatsapp, google classroom, google meet, zoom serta aplikasi progam yang dibuat dari sekolah itu sendiri seperti aplikasi E-Badu yang dimiliki SMAN 2 Banguntapan tidak ditemukan kendala. Adapun evaluasi Process berkenaan dengan pelaksanaan guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh menunjukan bahwa kedua sekolah masuk pada kriteria sangat tinggi. Selanjutnya untuk evaluasi Product partisipasi siswa terkait dengan pembelajaran PJOK berbasis E-Learning baik di SMAN 1 Banguntapan maupun SMAN 2 Banguntapan secara umum masuk dalam kategori tinggi hal ini menunjukkan bahwa kehadiran dan antusiasme siswa baik.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Agus Susworo Dwi Marhaendro, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: evaluasi, pembelajaran jarak jauh, PJOK, CIPP
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 12 Nov 2021 03:09
Last Modified: 12 Nov 2021 03:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71384

Actions (login required)

View Item View Item