PENGEMBANGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BOLA BASKET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Afif, Ridwan (2021) PENGEMBANGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BOLA BASKET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_ridwan afif_19711251052.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk menghasilkan model Cooperative Learning dalam pembelajaran bola basket untuk meningkatkan hasil belajar bola basket peserta didik sekolah menengah pertama dan untuk mengetahui efektivitas model Cooperative Learning dalam pembelajaran bola basket untuk meningkatkan hasil belajar bola basket peserta didik sekolah menengah pertama Penelitian ini dilakukan dengan mengadaptasi langkah – langkah penelitian pengembangan ADDIE, yang diadaptasi menjadi 5 langkah pelaksanaan penelitian, langkah – langkah tersebut diantaranya: 1) Analyze 2) Design 3) Development 4) Implementation 5) Evaluation. Uji coba skala kecil dilakukan terhadap 23 peserta didik Mts Ibnul Qoyyim dan uji skala besar 60 peserta didik di SMP Muhammadiyah 1 Sentolo dan SMP Muhammadiyah 2 Sentolo. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket skala validasi, rubric penilaian peserta didik, dan observasi. Hasil penelitian merupa pengembangan Model Cooperative Learning Dalam Pembelajaran Bola Basket Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama menghasilkan 1 buku panduan pembelajran penjas model Cooperative Learning. Buku panduan pembelajran penjas khususnya permainan bola besar (basket) diberi judul “Panduan Model Pembelajaran Kooperatif Materi Permainan bola basket Sekolah Menengah Pertama”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa buku panduan pembelajran penjas model Cooperative Learning yang telah dikembangkan dan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Pamuji Sukoco, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: model cooperative learding, basket, peserta didik
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 11 Nov 2021 09:28
Last Modified: 11 Nov 2021 09:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71382

Actions (login required)

View Item View Item