ANALISIS TINGKAT KESUKARAN SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL PADA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN KELAS V DI SD NEGERI PANGENGUDANG KABUPATEN PURWOREJO

Dewi, Ratri Laksitaning (2021) ANALISIS TINGKAT KESUKARAN SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL PADA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN KELAS V DI SD NEGERI PANGENGUDANG KABUPATEN PURWOREJO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_ratri laksitaning dewi_17604221056.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal penilaian akhir semester (PAS) ganjil mata pelajaran PJOK kelas V di SD Negeri Pangengudang Kabupaten Purworejo tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini berfokus pada kualitas butir soal dilihat dari daya pembeda, tingkat kesukaran dan efektivitas pengecoh. Data yang dihasilkan berupa angka dan angka tersebut akan dianalisis berdasarkan parameter dari daya pembeda, tingkat kesukaran, dan efektivitas pengecoh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, yaitu:soal ujian, kunci jawaban, dan lembar jawaban peserta tes. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Pangengudang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V SD Negeri Pangengudang yang berjumlah 33 siswa. Proses analisis butir soal dilakukan menggunakan program excel, yang mana soal tersebut akan dianalisis kualitasnya dari segi tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektivitas pengecohnya. Berdasarkan hasil penelitian dari total 35 butir soal ditinjau dari segi tingkat kesukarannya, menunjukkan 18 butir (51,43%) dalam kategori mudah, 13 butir soal (37,14%) dalam kategori sedang, dan 4 butir (11,43%) dalam kategori sukar. Apabila ditinjau dari daya pembeda soal terdapat 21 butir (60,00%) dalam kategori lemah, 14 butir (40,00%) dalam kategori sedang, dan 0 butir (0%) dalam kategori sangat kuat. Ditinjau dari efektivitas pengecoh soal menunjukkan 45,19 % dalam kategori kurang, dan 54,81% dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Guntur, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: analisis, soal, daya pembeda
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 11 Nov 2021 07:57
Last Modified: 11 Nov 2021 07:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71376

Actions (login required)

View Item View Item