PENGARUH PENDEKATAN LATIHAN DAN TINGKAT KOORDINASI TERHADAP KEMAMPUAN KETEPATAN PASSING SISWA SSO RMF UNY KU-12 TAHUN

Qowiyyuridho, Galang (2021) PENGARUH PENDEKATAN LATIHAN DAN TINGKAT KOORDINASI TERHADAP KEMAMPUAN KETEPATAN PASSING SISWA SSO RMF UNY KU-12 TAHUN. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_galang qowiyyuridho_19711251024.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh metode latihan pendekatan teknik dan pendektan taktik terhadap ketepatan passing siswa SSO RMF UNY KU-12 tahun. (2) pengaruh tingkat koordinasi tinggi dan tingkat koordinasi rendah terhadap ketepatan passing siswa SSO RMF UNY KU-12 tahun. (3) Interaksi antara metode latihan pendekatan teknik dan pendekatan taktik dan tingkat koordinasi terhadap ketepatan passing siswa SSO RMF UNY KU-12 tahun. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan rancangan faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SSO Real Madrid Foundation UNY KU 12 Tahun yang berjumlah 67 Orang. Jumlah sampel yang diambil menggunakan teknik random sampling berdasarkan cara membagi kelompok yang di tes tingkat koordinasinya sebanyak 36 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengukur tingkat koordias adalah Soccer Wall Volley Test dengan nilai validitas 0,778 dan reliabilitas 0,860, sedangkan instrument yang digunakan untuk mengukur tingkat ketepatan passing menggunakan Soccer passing test for kids dengan validitas 0,842 dan reliabilitas 0,715. Teknik analisis data yang digunakan yaitu ANAVA two way. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode latihan dengan pendekatan teknik dan pendekatan taktik terhadap ketepatan passing siswa SSO RMF UNY KU-12 Tahun. (2) ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara tingkat koordinasi tinggi dan tingkat koordinasi rendah terhadap ketepatan passing siswa SSO RMF UNY KU-12 tahun dengan nilai F sebesar 4,862 dan nilai signifikansi p sebesar 0,035<0,05. Pemain yang memiliki tingkat koordinasi yang tinggi lebih baik dibandingakan dengan pemain yang memiliki tingkat koordinasi yang rendah dengan selisih rata-rata posttest sebesar 0,44. (3) ada interaksi yang signifikan antara metode latihan dengan pendekatan teknik dan pendekatan taktik dan tingkat koordinasi (tinggi dan rendah) terhadap ketepatan passing Sepak bola siswa SSO RMF UNY KU-12 tahun dengan nilai F sebesar 9,818 dan nilai signifikansi p sebesar 0,004<0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Komarudin, M.A.
Uncontrolled Keywords: pendektatan teknik, pendekatan taktik, koordinasi, ketepatan passing, sepak bola
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 10 Nov 2021 04:16
Last Modified: 10 Nov 2021 04:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71366

Actions (login required)

View Item View Item