Pengaruh Metode Latihan Massed dan Distributed Terhadap Keterampilan Servis Float Dilihat dari Kekuatan Otot Lengan pada Ekstrakurikuler Bola Voli.

Novianningsih, Bethi and Irianto, Djoko Pekik (2019) Pengaruh Metode Latihan Massed dan Distributed Terhadap Keterampilan Servis Float Dilihat dari Kekuatan Otot Lengan pada Ekstrakurikuler Bola Voli. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-bethi novianningsih-16711251050.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan (1) pengaruh metode latihan massed dan distributed, (2) pengaruh kekuatan otot lengan, (3) interaksi metode latihan dan kekuatan otot lengan terhadap keterampilan servis float bola voli pada siswa putra yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli di SMA N 1 Bantul, SMA N 2 Bantul, dan SMA N 1 Bambanglipuro. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Subjek penelitian ini yaitu siswa putra yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli di SMA Negeri 1 Bantul, SMA Negeri 2 Bantul, dan SMA Negeri 1 Bambanglipuro sebanyak 62 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan jumlah 40 siswa. Instrumen pengukuran tes servis float menggunakan AAHPER Serving Accuracy Test. Analisis data menggunakan ANOVA dua jalur (two-way ANOVA). Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh metode latihan terhadap keterampilan servis float bola voli pada siswa putra yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli dengan nilai sig. 0,043, dimana distributed practice lebih baik dibandingkan dengan massed practice dalam melatih servis float bola voli; (2) terdapat pengaruh kekuatan otot lengan terhadap keterampilan servis float bola voli pada siswa putra yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli, dengan nilai sig. 0,005, dimana siswa yang mempunyai kekuatan otot tinggi lebih baik dibandingkan dengan siswa yang kekuatan otot lengannya rendah; (3) terdapat interaksi metode latihan dan kekuatan otot lengan terhadap keterampilan servis float bola voli pada siswa putra yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli, dengan nilai sig. 0,001, dimana interaksi metode latihan massed practice dengan kekuatan otot lengan tinggi menghasilkan keterampilan servis float bola voli yang lebih baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kekuatan otot lengan, keterampilan servis float, metode latihan
Subjects: Olahraga
Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Nov 2021 03:21
Last Modified: 10 Nov 2021 03:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71360

Actions (login required)

View Item View Item