MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN KIPBOI UNTUK MENINGKATKAN KEBUGARAN JASMANI SISWA SEKOLAH DASAR KELAS ATAS DI KECAMATAN AMBAL KEBUMEN

Saputri, Nuzulla (2021) MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN KIPBOI UNTUK MENINGKATKAN KEBUGARAN JASMANI SISWA SEKOLAH DASAR KELAS ATAS DI KECAMATAN AMBAL KEBUMEN. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_nuzulla saputri_18711251020.pdf

Download (933kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran berbasis permainan kipboi untuk meningkatkan kebugaran jasmani siswa SD kelas atas dengan menggunakan pengembangan dan modifikasi dari permainan bola kecil dan permainan tradisional yang disesuaikan dengan karakteristik siswa SD kelas atas tanpa menghilangkan unsur yang terdapat di dalam permainan bola kecil dan permainan tradisional. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Prosedur pengembangan meliputi: 1) studi pendahuluan, 2) perencanaan, 3) mengembangkan produk awal, 4) uji coba awal, 5) revisi penyusunan produk pertama, 6) uji coba lapangan utama, 7) revisi penyusunan produk operasional, 8) uji coba produk operasional, dan 9) revisi produk final. Subjek skala kecil dilakukan terhadap siswa kelas atas di SDN Pagedangan. Subjek skala besar adalah siswa SDN 3 Sidoluhur, siswa SDN Pucangan, Siswa SDN 2 Ambalresmi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Uji efektifitas produk akhir melibatkan siswa kelas atas SDN 2 Sidoluhur dalam eksperimen, dengan one group pretest- posttest design. Produk akhir berupa modul panduan pelaksanaan pembelajaran berbasis permainan kipboi untuk meningkatkan kebugaran jasmani siswa yang memuat: 1) konsep model permainan, 2) tujuan model permainan, materi, 3) tata cara penggunaan model permainan, 4) contoh penggunaan model permainan, dan 5) model permainan kipboi. Model permainan tersebut sesuai dengan karakteristik siswa SD serta mengandung unsur yang ada didalam permainan bola kecil dan permainan tradisional. Model permainan efektif untuk meningkatkan kebugaran jasmani pada anak usia SD kelas atas. Hasil analisis statistik uji efektivitas diperoleh nilai t hitung (2,705) > t tabel (2,144), sehingga dapat dikatakan terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis permainan kipboi terhadap kebugaran jasmani siswa. Keunggulan dari model pembelajaran berbasis permainan kipboi membuat anak lebih terlibat aktif dalam pembelajaran pendidikan jasmani serta lebih sedikit waktu menunggu giliran.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Suharjana, M. Kes.
Uncontrolled Keywords: permainan kipboi, kebugaran jasmani, siswa SD kelas atas
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 10 Nov 2021 03:03
Last Modified: 10 Nov 2021 03:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71355

Actions (login required)

View Item View Item