PENGARUH LATIHAN JOGING DAN SUTLE RUN TERHADAP DAYA TAHAN KARDIORESPIRASI DAN KELINCAHAN SISWA EKSTRAKURIKULER SEPAK BOLA

Muhadi, Muhadi (2021) PENGARUH LATIHAN JOGING DAN SUTLE RUN TERHADAP DAYA TAHAN KARDIORESPIRASI DAN KELINCAHAN SISWA EKSTRAKURIKULER SEPAK BOLA. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_muhadi_19711251043.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) apakah ada pengaruh latihan joging terhadap daya tahan kardiorespirasi dan kelincahan siswa ekstrakurikuler sepak bola; (2) apakah ada pengaruh latihan shuttle run terhadap daya tahan kardiorespirasi dan kelincahan siswa ekstrakurikuler sepak bola; (3) perbedaan efektivitas antara latihan joging dan shuttle run terhadap daya tahan kardiorespirasi dan kelincahan siswa ekstrakurikuler sepak bola. Metode Penelitian merupakan penelitian quasi eksperimen dengan rancangan two group pretest-posttest design. Treatment dilakukan sebanyak 16 kali dengan intensitas 70-80% DNM. Populai yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh anggota dari siswa ekstrakurikuler sepak bola SMAN 1 Woha. Sampel penelitian berjumlah 20 siswa pada SMAN 1 Woha Kabupaten Bima, yang diambil dengan teknik total sampling dari 20 siswa ektrakurikuler sepak bola. Instrumen untuk mengukur daya tahan kardiorespirasi adalah Multistage Fitness Tes (Bleep Tes). Instrumen untuk mengukur kelincahan adalah Illinois Agility Run Test. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji-t (paired sample test dan independet sample test). Hasil Penelitian sebagai berikut: (1) Ada pengaruh latihan joging terhadap daya tahan kardiorespiraasi dan kelincahan siswa ekstrakurikuler sepak bola, p<0,05. (2) Ada pengaruh latihan shuttle run terhadap daya tahan kardiorespirasi dan kelincahan siswa ekstrakurikuler sepak bola, p<0,05. (3) Ada perbedaan efektivitas antara latihan joging dan shuttle run terhadap daya tahan kardiorespirasi dan kelincahan siswa ekstrakurikuler sepak bola. Dimana latihan joging memiliki tingkat efektivitas yang lebih tinggi dari pada latihan shuttle run.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Ali Satia Graha, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: joging, shuttle run, daya tahan kardiorespirasi, kelincahan
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 09 Nov 2021 09:03
Last Modified: 09 Nov 2021 09:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71351

Actions (login required)

View Item View Item