PENGARUH PENDEKATAN TAKTIS DAN DRILLING TERHADAP PASSING DAN SHOOTING PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER FUTSAL SMPN BENGKULU UTARA

Salam, Faiz Abdu (2021) PENGARUH PENDEKATAN TAKTIS DAN DRILLING TERHADAP PASSING DAN SHOOTING PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER FUTSAL SMPN BENGKULU UTARA. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_faiz abdu salam_19711251014.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pendekatan taktis terhadap keterampilan passing, (2) pengaruh pendekatan taktis terhadap keterampilan shooting, (3) pengaruh metode drilling terhadap keterampilan passing, (4) pengaruh metode drilling terhadap keterampilan shooting, (5) perbedaan pengaruh antara pendekatan taktis dengan metode drilling terhadap keterampilan passing, dan (6) perbedaan pengaruh antara pendekatan taktis dengan metode drilling terhadap keterampilan shooting. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain“Two Groups Pretest-Posttest Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler futsal di SMPN Bengkulu Utara yang berjumlah 186 siswa. Teknik sampling menggunakan purposive sampling, yaitu SMPN 25 berjumlah 20 siswa dan SMPN 29 berjumlah 20 siswa. Instrumen untuk mengukur passing menggunakan tes keterampilan futsal milik Arsil (2010) dan shooting menggunakan tes ketepatan shooting milik Maulana (2009: 36). Teknik analisis menggunakan uji t taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan pendekatan taktis terhadap keterampilan passing, p<0,05. (2) Ada pengaruh yang signifikan pendekatan taktis terhadap keterampilan shooting, p<0,05. (3) Ada pengaruh yang signifikan metode drilling terhadap keterampilan passing, p<0,05. (4) Ada pengaruh yang signifikan metode drilling terhadap keterampilan shooting, p<0,05. (5) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara pendekatan taktis dengan metode drilling terhadap keterampilan passing. Kelompok pendekatan taktis lebih baik daripada metode drilling terhadap keterampilan passing, dengan selisih sebesar 1,95. (6) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara pendekatan taktis dengan metode drilling terhadap keterampilan shooting. Kelompok pendekatan taktis lebih baik daripada metode drilling terhadap keterampilan shooting,dengan selisih sebesar 4,65.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Hari Yuliarto, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: taktis, metode drilling, passing, shooting
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 09 Nov 2021 07:06
Last Modified: 09 Nov 2021 07:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71345

Actions (login required)

View Item View Item