HUBUNGAN MINDFULNESS DAN STUDENT ENGAGEMENT PADA MAHASISWA

Nurul Hidayah, Fajriyah (2021) HUBUNGAN MINDFULNESS DAN STUDENT ENGAGEMENT PADA MAHASISWA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Skripsi_Fajriyah Nurul Hidayah_17112141040.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada fenomena banyaknya mahasiswa yang tidak terlibat dalam aktivitas belajar sehingga berdampak pada rendahnya performa akademik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan antara mindfulness dengan student engagement pada mahasiswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Penelitian dilaksanakan di Universitas Negeri Yogyakarta. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik sampling eksidental dengan jumlah sampel sebanyak 150 mahasiswa dari angkatan 2018. Alat pengumpulan data menggunakan skala mindfulness yang disusun berdasarkan konsep Five Facet Mindfulness Questionnaire (FFMQ) yang dikembangkan oleh Baer et al. (2006). Skala student engagement disusun mengacu pada teori Fredricks et al. (2004). Validitas skala menggunakan validitas isi yang dilakukan oleh expert judgment. Reliabilitas instrumen dihitung menggunakan alpha cronbach sebesar 0,727 pada skala mindfulness dan 0,756 pada skala student engagement. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan teknik korelasi product moment. Indeks korelasi hitung sebesar 0,508 dengan nilai signifikansi (p) antara variabel mindfulness dan student engagement sebesar 0,000 (p<0,05) dan koefisien determinasi (R2) sebesar 25,8%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara mindfulness dengan student engagement pada mahasiswa. Hal ini berarti, mahasiswa yang memiliki mindfulness tinggi cenderung memiliki keterlibatan tinggi ketika belajar. Sebaliknya, semakin rendah mindfulness yang dimiliki semakin rendah pula student engagement dalam belajar. Kemudian, semakin tinggi keterlibatannya dalam belajar maka semakin tinggi mindfulness yang dilakukan mahasiswa. Sebaliknya, semakin rendah tingkat keterlibatan mahasiswa dalam belajar maka semakin rendah mindfulness yang dilakukan mahasiswa. Kata kunci : mindfulness, student engagement, mahasiswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Psikologi
Depositing User: Jurusan Psikologi
Date Deposited: 09 Nov 2021 05:12
Last Modified: 09 Nov 2021 05:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71342

Actions (login required)

View Item View Item