PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA BESAR BERBASIS ONLINE LEARNING UNTUK SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Amran, Amran (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA BESAR BERBASIS ONLINE LEARNING UNTUK SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_amran_19711251085.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan media pembelajaran permainan bola besar berbasis online learning, (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran permainan bola besar berbasis online learning untuk Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan, dan (3) Mengetahui efektivitas media pembelajaran permainan bola besar berbasis online learning dalam meningkatkan pengetahuan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R & D) dengan model pendekatan 4-D Langkah penelitian terdiri dari: (1) Defining, (2) Designing, (3) Developing, (4) Disseminating. Validasi produk dilakukan oleh dua orang ahli materi, dua ahli media dan dua ahli pembelajaran. Subjek uji coba skala kecil terdiri dari 25 siswa kelas XI di SMK Perkebunan MM 52 Yogyakarta, sedangkan subjek uji skala kecil terdiri dari 135 siswa kelas XI pada empat kelas di SMK Negeri 2 Depok-sleman dan SMK Negeri 6 Yogyakarta, dan subjek uji evektivitas terdiri dari 136 siswa kelas XI pada empat kelas di SMK N 5 Yogyakarta dan SMK S Bokpri 1 Yogyakarta bertujuan untuk melihat keefektifan media pembelajaran. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif dan inferensial. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan indeks validitas Aiken, statistik deskriptif, dan Paired Sample T Test Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Produk yang dihasilkan media pembelajaran permainan bola besar berbasis online learning membantu siswa dalam proses pemelajaran online. (2) Tingkat kelayakan produk berdasarkan penilaian dua ahli materi dengan kategori “Sangat Layak”. Validasi media dengan dua ahli mendapat penilaian dengan kategori “Sangat Layak”. dan Validasi ahli pembelajaran mendapat penilaian dengan kategori “Sangat Layak”. Produk ini melalui tahap uji coba skala kecil dengan kategori “Layak”. Dan tahap uji coba skala besar, produk ini mendapatkan hasil dengan kategori “Sangat Layak”. (3) Uji efektifitas di peroleh nilai rata-rata Pre Test 57,62, dan post-test sebesar 81,18. Berdasarkan uji Paired Sample T Test diketahui nilai t-hitung untuk hasil belajar siswa Pre Test dan post-test adalah -23,104 dengan probabilitas Sig. (2-tailed) 0,000 > 0,05 maka H0 ditolak. Yang artinya terdapat pengaruh secara signifikan dari penggunaan media pembelajaran permainan bola besar berbasis online learning terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa produk ini sesuai atau layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran permainan bola besar.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Wawan Sundawan Suherman, M.Ed.
Uncontrolled Keywords: pengembangan media, permainan bola besar, online learning, SMK
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 09 Nov 2021 02:49
Last Modified: 09 Nov 2021 02:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71338

Actions (login required)

View Item View Item