PENGEMBANGAN E-COMIC BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK MENGEMBANGKAN PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN PHYSICAL LITERACY SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Noralisa, Noralisa (2021) PENGEMBANGAN E-COMIC BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK MENGEMBANGKAN PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN PHYSICAL LITERACY SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_noralisa_19711251055.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan konstruksi e-comic berbasis permainan tradisional untuk mengembangkan pengetahuan dan pemahaman physical literacy siswa sekolah menengah pertama, menghasilkan e-comic berbasis permainan tradisional untuk mengembangkan pengetahuan dan pemahaman physical literacy siswa sekolah menegah pertama yang layak digunakan untuk mengembangkan pengetahuan dan pemahaman physical literacy siswa sekolah menengah pertama, dan menguji keefektifan e-comic berbasis permainan tadisional untuk mengembangan pengetahuan dan pemahaman physical literacy siswa sekolah menengah pertama. Pengembangan produk menggunakan model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Robert Maribe Brach yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: analysis, design, develop, implement, dan evaluation. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan tes. Instrumen pengumpulan data yaitu pedoman wawancara guru dan siswa, kuesioner studi pendahuluan guru dan siswa, kuesioner validasi ahli, kuesioner uji kelayakan untuk respon guru dan siswa, instrumen uji keefektifan adalah tes pengetahuan, dan tes pemahaman physical literacy. Validasi melibatkan 1 ahli instrumen, 2 ahli media, 2 ahli materi, dan 2 ahli bahasa. Subjek penelitian melibatkan 25 siswa pada uji kelompok kecil dan uji kelompok besar sebanyak 40 siswa dan guru sebanyak 5 orang untuk menguji kelayakan produk. Uji efektifitas melibatkan 43 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mengahasilkan sebuah produk berupa e-comic berbasis permainan untuk mengembangkan pengetahuan dan pemahaman physical literacy siswa sekolah menengah pertama. E-comic berbasis permainan tradisional untuk mengembangkan pengetahuan dan pemahman physical literacy siswa sekolah menegah pertama yang dihasilkan sangat layak menurut para ahli media, ahli materi, ahli bahasa, guru, dan siswa. E-comic berbasis permainan tradisional untuk mengembangkan pengetahuan dan pemahaman physical literacy siswa sekolah menegah pertama efektif dalam pengembangan pengetahuan dan pemahaman physical literacy siswa sekolah menengah pertama berdasarkan hasil dari uji-t dengan taraf signifikansi 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Wawan Sundawan Suherman, M.Ed.
Uncontrolled Keywords: e-comic, permainan tradisional, pengetahuan, pemahaman, physical literacy
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 08 Nov 2021 08:53
Last Modified: 08 Nov 2021 08:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71331

Actions (login required)

View Item View Item