PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ATLETIK MATERI LOMPAT JAUH MELALUI VIDEO PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN TINGKAT SMA SEDERAJAT

Hidayati, Fitri (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ATLETIK MATERI LOMPAT JAUH MELALUI VIDEO PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN TINGKAT SMA SEDERAJAT. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_fitri hidayati_19711251064.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran atletik materi lompat jauh melalui video pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan tingkat SMA sederajat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan Borg dan Gall. Uji coba skala kecil 1 orang guru PJOK dan uji coba skala besar 3 orang guru PJOK. Uji efektifitas 30 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistic deskriptif dan kuantitatif Hasil penelitian mengenai media pembelajaran yang telah diujicobakan. Hasil validasi ahli materi dan ahli media dan dinyatakan layak untuk digunakan Jadi dapat disimpulkan bahwa produk media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran disekolah. Hasil dari uji efektivitas pada proses pembelajaran lompat jauh menggunakan uji Mann-Whitney lompat jauh gaya jongkok, lompat jauh gaya menggantung dan lompat jauh gaya berjalan diudara dengan nilai Asymp.Sig(2-tailed) 0.000<0,05 maka dapat disimpulkan ada peningkatan pretest dan posttest pada proses pembelajaran lompat jauh.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Erwin Setyo Kriswanto, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, video, atletik, lompat jauh, SMA sederajat
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 08 Nov 2021 08:44
Last Modified: 08 Nov 2021 08:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71330

Actions (login required)

View Item View Item