HUBUNGAN ANTARA DAYA TAHAN FISIK DAN KETANGGUHAN MENTAL PEMAIN SEPAKBOLA ELITE PRO ACADEMY PS SLEMAN DITINJAU DARI POSISI BERMAIN

Arianto, Oktavian (2021) HUBUNGAN ANTARA DAYA TAHAN FISIK DAN KETANGGUHAN MENTAL PEMAIN SEPAKBOLA ELITE PRO ACADEMY PS SLEMAN DITINJAU DARI POSISI BERMAIN. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_oktavian arianto_19711251084.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara daya tahan fisik dan ketangguhan mental pemain sepakbola Elite Pro Academy Ditinjau Dari Posisi Bermain. Posisi bermain dalam penelitian ini dibatasi pada posisi pemain penjaga gawang, pemain belakang, pemain tengah, dan pemain depan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, menggunakan metode survei dengan desain penelitian adalah a restrospective causal-comparative design. Populasi penelitian ini adalah pemain sepakbola Elite Pro Academy PS Sleman berjumlah 30 pemain. Teknik sampling yang digunakan yaitu puposive sampling, dengan kriteria: (1) pemain sepakbola di Elite Pro Academy PS Sleman, (2) bersedia menjadi sampel, dan (4) mengisi angket yang diberikan oleh peneliti secara penuh. Berdasarkan hal tersebut yang memenuhi 30 atlet. Instrumen penelitian ini menggunakan skala The Sports Mental Toughness Questionnaire (SMTQ), (PSIS), yang terditi atas: (1) kepercayaan; (2) keteguhan; (3) kontrol. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kolerasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang signifikan daya tahan fisik dan ketangguhan mental pemain sepakbola Elite Pro Academy ditinjau dari posisi bermain yaitu uji regresi menunjukan koefisien regresi daya tahan fisik dan ketangguhan mental Ft sebesar 1,45 dikonsultasikan pada Fo dengan N=30 dan taraf signifikan 5% Harga Fo diperoleh sebesar 44,960 dan 867,247 sehingga harga Fo lebih besar dari Ft. Hasil tersebut menunjukan bahwa daya tahan fisik dan ketangguhan mental memiliki hubungan. (2) Terdapat perbedaan yang signifikan daya tahan fisik pemain sepakbola yaitu pemain depan, pemain tengah, pemain belakang dan penjaga gawang. Uji analisis varian satu jalur menunjukan bahwa terdapat perbedaan antara posisi pemain sepakbola yaitu penjaga gawang, pemain belakang, pemain tengah, dan pemain depan pada taraf signifikansi 5% sebesar 36,86. 43,47. 48,09. 47,35. Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan daya tahan fisik dilihat dari posisi bermain. (3) Terdapat perbedaan yang signifikan ketanggujan mental diri pemain sepakbola dari posisi bermain yaitu penjaga gawang, pemain belakang, pemain tengah, dan pemain depan. Uji analisis varian satu jalur menunjukan bahwa terdapat perbedaan antara posisi penjaga gawang, pemain belakang, pemain tengah, dan pemain depan pada taraf signifikansi 5% sebesar 45,66. 40,55. 42,55. 52,16. Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan ketangguhan mental dilihat dari posisi bermain.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Dimyati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: daya tahan fisik, ketangguhan mental pemain sepakbola dari posisi bermain
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 08 Nov 2021 08:31
Last Modified: 08 Nov 2021 08:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71329

Actions (login required)

View Item View Item