Pengembangan Game Edukasi “Gempita” pada Pembelajaran Matematika Siswa Tunagrahita Ringan Kelas V Sekolah Dasar Luar Biasa.

Hardiyanti, Fachruniza Privita and Hermanto, Hermanto (2020) Pengembangan Game Edukasi “Gempita” pada Pembelajaran Matematika Siswa Tunagrahita Ringan Kelas V Sekolah Dasar Luar Biasa. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-fachruniza privita hardiyanti-17729251007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis kebutuhan dasar dalam mengembangakan game edukasi pada pembelajaran matematika bagi siswa tunagrahita ringan kelas V SDLB, (2) menghasilkan game edukasi pada pembelajaran matematika yang layak digunakan siswa tunagrahita ringan kelas V SDLB, (2) menghasilkan game edukasi yang efektif untuk meningkatkan kemampuan perkalian siswa tunagrahita ringan kelas V SDLB. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE. Uji coba dilakukan di SLB Negeri Pembina Yogyakarta dan SLB PGRI Sumbersari dengan jumlah subjek sembilan siswa tunagrahita ringan kelas V SDLB dengan satu siswa sebagai subjek uji coba awal dan delapan siswa sebagai subjek uji implementasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket validasi ahli, angket respon guru, observasi respon siswa, dan tes kemampuan perkalian. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif yang disajikan dalam bentuk grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game edukasi “Gempita” layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran matematika materi perkalian bilangan 1-10 bagi siswa tunagrahita ringan kelas V SDLB, dengan hasil sebagai berikut: (1) kebutuhan dasar dalam mengembangkan game edukasi berupa materi pengenalan konsep perkalian sebagai penjumlahan berulang, mengubah penjumlahan menjadi persamaan perkalian, mengubah persamaan perkalian menjadi penjumlahan berulang, dan soal evaluasi. Tampilan dengan warna yang cerah dan beranekaragam, dan penggunaan gambar-gambar berbentuk kartun. Bentuk permainan yakni menata benda ke dalam wadah kemudian menghitungnya menggunakan perkalian; (2) dihasilkan produk game edukasi yang layak digunakan untuk siswa tunagrahita ringan pada pembelajaran matematika perkalian berdasarkan penilaian ahli materi, media, dan guru. Hasil penilaian memperoleh skor pada kategori “Sangat Baik” dengan penilaian dari ahli materi sebesar 71,5, ahli media sebesar 81,5, dan penilaian guru sebesar 73. Game edukasi dikembangkan dengan menggunakan berbagai fitur, yaitu teks Comic Sans MS ukuran 12, 24 dan 64, animasi peran siswa dan guru, gambar makanan, minuman, buah-buahan, pohon, hewan, pakaian, alat makan sekolah, taman, kamar, dapur, dan pasar, suara dan musik instrument berjudul Sleeping Sheep. Game edukasi dikembangkan dengan menggunakan aplikasi Adobe Flash CS6 dan disajikan dalam bentuk Compact Disk (CD); (3) dihasilkan produk game edukasi yang efektif untuk meningkatkan kemampuan perkalian siswa tunagraita ringan kelas V SDLB dengan skor peningkatan sebesar 43,6%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: game edukasi, perkalian, tunagrahita
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Nov 2021 05:19
Last Modified: 08 Nov 2021 05:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71324

Actions (login required)

View Item View Item