PENGARUH LATIHAN BALL FEELING DAN DRIBBLING TERHADAP KETERAMPILAN SEPAKBOLA DITINJAU DARI KOORDINASI MATA KAKI PADA SSB TRIO MUDA

Rahmat, Agung (2021) PENGARUH LATIHAN BALL FEELING DAN DRIBBLING TERHADAP KETERAMPILAN SEPAKBOLA DITINJAU DARI KOORDINASI MATA KAKI PADA SSB TRIO MUDA. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_agung rahmat_19711251018.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) perbedaan pengaruh latihan ball feeling dan dribbling terhadap keterampilan sepakbola; (2) perbedaan pengaruh dari kemampuan koordinasi mata-kaki tinggi dan koordinasi mata-kaki rendah terhadap keterampilan sepakbola; dan (3) interaksi antara ball feeling, dribbling dan koordinasi mata-kaki (tinggi dan rendah) terhadap keterampilan sepakbola. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2. Sampel penelitian berjumlah 20 siswa kelompok usia 10-13 tahun pada SSB Trio Muda, yang diambil dengan teknik simple random sampling dari jumlah 37 siswa. Instrumen untuk mengukur koordinasi mata-kaki adalah soccer wall volley tes. Instrumen untuk mengukur keterampilan sepakbola adalah pengembangan tes kecakapan “David Lee”. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANOVA dua jalur pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) terdapat perbedaan pengaruh latihan ball feeling dan dribbling terhadap keterampilan sepakbola, terbukti dari nilai signifikansi p sebesar 0,024 < 0,05. Metode latihan dribbling lebih baik dibandingkan dengan metode latihan ball feeling dengan selisih rata-rata posttest sebesar 2,03 detik. (2) terdapat perbedaan pengaruh dari kemampuan koordinasi mata-kaki tinggi dan koordinasi mata-kaki rendah terhadap keterampilan sepakbola, terbukti dari nilai signifikansi p sebesar 0,018 < 0,05. koordinasi mata-kaki tinggi lebih baik dibandingkan dengan koordinasi mata-kaki rendah dengan selisih rata-rata posttest sebesar 2,14 detik. (3) terdapat interaksi antara ball feeling, dribbbling dan koordinasi mata-kaki (tinggi dan rendah) terhadap keterampilan sepakbola, yang terbukti dari nilai signifikansi p sebesar 0,032 < 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Guntur, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: ball feeling, dribbling, keterampilan sepakbola
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 08 Nov 2021 08:02
Last Modified: 08 Nov 2021 08:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71287

Actions (login required)

View Item View Item