PENGEMBANGAN MODUL PJOK PEMBELAJARAN JARAK JAUH MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Astanto, Burhannandra Dwi (2021) PENGEMBANGAN MODUL PJOK PEMBELAJARAN JARAK JAUH MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_burhannandra dwi astanto_19711251087.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan modul PJOK pembelajaran jarak jauh masa pandemi Covid-19 di SMP Kelas VIII. (2) Mengetahui tingkat kelayakan modul PJOK pembelajaran jarak jauh masa pandemi Covid-19 di SMP Kelas VIII. (3) Mengetahui tingkat pengetahuan peserta didik sebelum dan setelah menggunakan modul PJOK pembelajaran jarak jauh masa pandemi Covid-19 di SMP Kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (Research and Development). langkah-langkah pengembangan menggunakan desain ADDIE yaitu tahap Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi, selanjutnya dilakukan uji efektivitas produk. Uji coba skala kecil di SMP Negeri 2 Turi. Uji coba skala besar di SMP Negeri 5 Depok, SMP Negeri 13 Yogyakarta dan SMP Negeri 1 Pleret. Uji Efektivitas dilakukan di SMP Negeri 5 Depok yang berjumlah 68 peserta didik. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) panduan wawancara, (2) angket, (3) dan instrumen uji efektivitas berupa tes. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengembangan modul PJOK Pembelajaran Jarak Jauh Masa Pandemi Covid-19 di SMP Kelas VIII. Tahap pengembangannya menggunakan metode ADDIE, yang meliputi 5 langkah yaitu tahap Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi, uji efektivitas produk. (2) Produk modul PJOK Pembelajaran Jarak Jauh Masa Pandemi Covid-19 di SMP Kelas VIII yang dikembangkan layak digunakan. Penilaian ahli materi pada modul pembelajaran jarak jauh masa pandemi Covid-19 di SMP Kelas VIII yaitu sebesar 93,13%, masuk dalam kategori layak. Penilaian ahli media pada modul pembelajaran jarak jauh masa pandemi Covid-19 di SMP Kelas VIII yaitu sebesar 90,79%, masuk dalam kategori layak. (3) Modul PJOK pembelajaran jarak jauh di SMP Kelas VIII efektif terhadap peningkatan pengetahuan peserta didik, dengan p < 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Sri Winarni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: modul PJOK, pembelajaran jarak jauh, pandemi Covid 19
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 08 Nov 2021 07:33
Last Modified: 08 Nov 2021 07:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71284

Actions (login required)

View Item View Item