PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI BOLA BASKET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMP

Nudia, Kisti Bela Dina (2021) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI BOLA BASKET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMP. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_kisti bela dina nudia_19711251082.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengonstruksi model pembelajaran bola basket berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik SMP, menguji kelayakan model pembelajaran bola basket berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik SMP, dan menguji keefektifan model pembelajaran bola basket berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik SMP. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model pendekatan Borg and Gall melalui 8 tahapan yang langkah-langkahnya meliputi studi pendahuluan, perencanaan pengembangan, pengembangan produk awal, penilaian ahli, uji coba terbatas, revisi produk awal, uji coba diperluas, produk akhir. Desain uji coba produk dilaksanakan melalui tiga tahapan, yaitu uji validasi ahli pada langkah pengembangan desain awal produk, uji coba skala kecil (preliminary field testing), dan uji coba skala besar (main field testing). Uji validasi pada penelitian ini dilaksanakan melalui tiga ahli, yaitu ahli instrumen, ahli media, dan ahli materi. Uji coba skala kecil (90 responden) dan skala besar (180 responden). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran taktik dan strategi dalam permainan bola basket menggunakan model pembelajaran berbasis masalah yang berupa materi, video animasi, dan latihan soal masing-masing memenuhi kategori sangat valid. Data kevalidan diperoleh dari validasi ahli. Kelayakan model pembelajaran diperoleh dari respon peserta didik pengguna CD/flashdisk. Data keefektifan diperoleh dari ketercapaian hasil belajar peserta didik secara klasikal terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik SMP menggunakan perangkat yang dikembangkan. Selain itu, perangkat pembelajaran yang dikembangkan juga memenuhi kategori sangat jelas berdasarkan hasil respon peserta didik sebegai pengguna produk uji coba. Terakhir, tingkat kelulusan hasil belajar memenuhi kategori sangat baik yakni dengan rata-rata kelas 86 pada SMP Negeri 1 Dlingo, rata-rata kelas 85 pada SMP Negeri 1 Sewon, dan rata-rata kelas 85 pada SMP Negeri 9 Yogyakarta atau rata-rata keseluruhan yakni 85 atau kategori sangat baik. Dengan demikian, perangkat dikatakan efektif ditinjau dari pencapaian hasil belajar peserta didik SMP terhadap pembelajaran penjasorkes pada materi bola basket menggunakan model pembelajaran berbasis masalah.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Pamuji Sukoco, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran berbasis masalah, bola basket, kemampuan berpikir kritis
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 08 Nov 2021 07:27
Last Modified: 08 Nov 2021 07:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71283

Actions (login required)

View Item View Item