ANALISIS SOSIOLOGI OLAHRAGA TERHADAP KONDUSIFITAS KELAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH MATA PELAJARAN PJOK DI SMA NEGERI 4 PURWOKERTO

Kuspriyanto, Drajat (2021) ANALISIS SOSIOLOGI OLAHRAGA TERHADAP KONDUSIFITAS KELAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH MATA PELAJARAN PJOK DI SMA NEGERI 4 PURWOKERTO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_drajat kuspriyanto_17601241078.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui proses sosiologi olahraga yang berjalan di dalam kelas pembelajaran jarak jauh mata pelajaran PJOK di SMA Negeri 4 Purwokerto dan mengetahui kondisi kondusifitas kelas pembelajaran jarak jauh mata pelajaran PJOK yang berjalan di SMA Negeri 4 Purwokerto. Metode yang penulis gunakan pada penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode survei data kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini ditujukan untuk mengetahui kegiatan kegiatan sosiologi olahraga yang ada dalam pembelajaran jarak jauh serta pengaruhnya terhadap kondusifitas kelas di SMA NEGERI 4 Purwokerto. Tempat penelitian adalah SMA Negeri 4 Purwokerto dengan alamat Jl. Overste Isdiman, Jatiwinangun, Purwokerto Lor, Kec. Purwokerto Tim., Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Penelitian dilakukan pada bulan Mei 2021. Sampel dalam penelitian ini ialah peserta didik/siswi SMA NEGERI 4 Purwokerto angkatan 2019/2020 di SMA NEGERI 4 Purwokerto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan sosiologi olahraga yang berada di kelas pembelajaran jarak jauh mata pelajaran PJOK SMA Negeri 4 Purwokerto berisi sosialisasi materi yang disampaikan guru dalam bentuk teks dan video dari youtube, interaksi antara guru dan peserta didik serta peserta didik ke peserta didik lainya hanya mengenai materi yang bersangkutan, penyimpangan perilaku yang terjadi ialah keterlambatan pengumpulan tugas peserta didik. Peserta didik merasakan kenyamanan dan keamanan didalam kelas pembelajaran jarak jauh mata pelajaran PJOK yang mereka alami dan kondisi kelas pembalajaran jarak jauh ini berjalan kondusif menurut para peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, kondusifitas, sosiologi, olahraga
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 01 Nov 2021 09:46
Last Modified: 01 Nov 2021 09:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71278

Actions (login required)

View Item View Item