SURVEI KONDISI SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULONPROGO TAHUN 2021

Sejati, Avik Tunggul (2021) SURVEI KONDISI SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULONPROGO TAHUN 2021. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_avik tunggul sejati_17604221078.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi sarana dan prasarana pendidikan jasmani di Sekolah Dasar se-Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulonprogo. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SD Negeri se-Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulonprogo yang berjumlah 32 sekolah. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan sebagian besar sarana dan prasarana pendidikan jasmani masih berada dalam kondisi baik dan masih layak untuk digunakan meskipun ada berapa sarana dan prasarana yang berada dalam kondisi rusak. Peralatan pendidikan jasmani paling banyak adalah tongkat yang berjumlah 242 buah dengan kondisi baik ada 223 dengan perolehan presentase 92,14%, sedangkan dalam kondisi rusak ada 19 buah. Perkakas pendidikan jasmani terbanyak adalah matras yang berjumlah 67 buah dengan kondisi baik ada 47 buah dengan perolehan presentase 80%, sedangkan yang rusak berjumlah 20 buah. Fasilitas pendidikan jasmani dari seluruh SD Negeri se-Kecamatan Pengasih sebagian mempunyai lapangan untuk pembelajaran pendidikan jasmani dan sebagian memakai halaman sekolah sebagai pengantinya.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Agus Sumhendartin Suryobroto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: sarana dan prasarana, pendidikan jasmani, Sekolah Dasar
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 01 Nov 2021 08:23
Last Modified: 01 Nov 2021 08:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71267

Actions (login required)

View Item View Item