TINGKAT PENGETAHUAN PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI NGAWEN 4 GUNUNGKIDUL TERHADAP GERAK DASAR RENANG GAYA CRAWL

Putra, Aldy Pratama (2021) TINGKAT PENGETAHUAN PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI NGAWEN 4 GUNUNGKIDUL TERHADAP GERAK DASAR RENANG GAYA CRAWL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_aldy pratama putra_17604221031.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik tingkat pengetahuan peserta didik kelas IV SD N Ngawen 4 terhadap gerak dasar renang gaya crawl. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Tempat dan waktu penelitian ini dilaksanakan di SD N Ngawen 4 Kabupaten Gunungkidul 4 Juni 2021. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner tertutup dan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif dengan persentase. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 17 peserta didik dengan teknik total sampling. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan peserta didik kelas IV SD N Ngawen 4 terhadap gerak dasar renang gaya crawl berada pada kategori baik, cukup dan kurang dengan persentase yang sama yaitu sebesar 29,4%. Secara rinci kategori “sangat baik” memiliki persentase 5,9%, kategori “baik” sebesar 29,4%, kategori “cukup” sebesar 29,4%, kategori “kurang” sebesar 29,4%, dan kategori “sangat kurang” sebesar 5,9%.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Nur Sita Utami, M.Or.
Uncontrolled Keywords: tingkat pengetahuan, peserta didik kelas IV, gerak dasar renang gaya crawl
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 01 Nov 2021 06:42
Last Modified: 01 Nov 2021 06:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71252

Actions (login required)

View Item View Item