PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BERBASIS DARING DALAM MATA PELAJARAN PJOK DI SMAN 1 ABUNGSEMULI

Atmojo, Bagas Tri (2021) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BERBASIS DARING DALAM MATA PELAJARAN PJOK DI SMAN 1 ABUNGSEMULI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_bagas tri atmojo_16601244042.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia memberikan dampak yang sangat luar biasa terhadap bidang pendidikan. Sistem pembelajaran yang semula tatap muka diganti menjadi daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika yang terjadi pada proses pembelajaran daring pada mata pelajaran PJOK di SMA Negeri 1 Abungsemuli. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari 7 orang peserta didik, 1 orang Wakil Kepala Sekolah Bidang Akademik, dan 1 orang guru PJOK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat problematika yang terjadi di SMA Negeri 1 Abungsemuli dalam pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran PJOK. Masalah-masalah yang terjadi yaitu; masalah jaringan internet, masalah kuota internet, masalah penggunaan aplikasi belajar Google Classroom, masalah tingkat pemahaman peserta didik pada materi PJOK, dan masalah keterbatasan sarana dan prasarana olahraga.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Sugeng Purwanto M.Pd.
Uncontrolled Keywords: problematika, pembelajaran daring, PJOK
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 01 Nov 2021 06:36
Last Modified: 01 Nov 2021 06:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71251

Actions (login required)

View Item View Item