SUMBANGAN KELINCAHAN, KOORDINASI MATA TANGAN DAN POWER LENGAN TERHADAP KETEPATAN FOREHAND TOPSPIN ATLET PUTRA SMP DAN SMA DI KLUB PERSATUAN TENIS MEJA SELURUH INDONESIA (PTMSI) KABUPATEN MAGELANG

Basri, Amien Faishal (2021) SUMBANGAN KELINCAHAN, KOORDINASI MATA TANGAN DAN POWER LENGAN TERHADAP KETEPATAN FOREHAND TOPSPIN ATLET PUTRA SMP DAN SMA DI KLUB PERSATUAN TENIS MEJA SELURUH INDONESIA (PTMSI) KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_amien faishal basri_17603144030.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sumbangan kontribusi kelincahan, koordinasi mata-tangan dan power lengan terhadap ketepatan forehand topspin atlet putra SMP dan SMA di klub Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan bentuk desain quasy experimental. Metode yang digunakan adalah desain Pretest-Postest Control Group Design dimana teknik pengambilan datanya diberikan pretest, diberi perlakuan, kemudian diberi posttest. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan purposive sampling sebanyak 30 atlet putra SMP dan SMA aktif di klub PTMSI Kabupaten Magelang yang sudah mengenal Teknik forehand topspin. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh atlet tenis meja di klub PTMSI Kabupaten Magelang. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi regresi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat sumbangan kontribusi yang efektif pada kelincahan terhadap pukulan forehand topspin atlet putra SMP dan SMA di klub PTMSI Kabupaten Magelang sebesar 30,96%. (2) Terdapat sumbangan kontribusi yang efektif pada koordinasi mata-tangan terhadap pukulan forehand topspin atlet putra SMP dan SMA di klub PTMSI Kabupaten Magelang sebesar 38,85%. (3) Terdapat sumbangan kontribusi yang efektif pada power lengan terhadap pukulan forehand topspin atlet putra SMP dan SMA di klub PTMSI Kabupaten Magelang sebesar 5,58%. (4) Terdapat sumbangan kontribusi yang efektif pada kelincahan, koordinasi mata-tangan dan power lengan terhadap pukulan forehand topspin atlet putra SMP dan SMA di klub PTMSI Kabupaten Magelang sebesar 75,4%. Dengan demikian terdapat sumbangan kontribusi yang efektif pada kelincahan, koordinasi mata- tangan dan power lengan terhadap ketepatan pukulan forehand topspin tenis meja pada atlet putra SMP dan SMA di klub PTMSI Kabupaten Magelang.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Sumaryanti, M.S.
Uncontrolled Keywords: kelincahan, koordinasi mata-tangan, power lengan, ketepatan forehand topspin
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 08 Nov 2021 06:11
Last Modified: 08 Nov 2021 06:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71249

Actions (login required)

View Item View Item