MOTIVASI PESERTA DIDIK KELAS V DALAM PEMBELAJARAN SENAM LANTAI GULING BELAKANG DI SD NEGERI 1 KARANGREJA KABUPATEN PURBALINGGA JAWA TENGAH

Setyawan, Pungguh Sidik (2021) MOTIVASI PESERTA DIDIK KELAS V DALAM PEMBELAJARAN SENAM LANTAI GULING BELAKANG DI SD NEGERI 1 KARANGREJA KABUPATEN PURBALINGGA JAWA TENGAH. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_pungguh sidik setyawan_17604224010.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar motivasi peserta didik kelas V dalam pembelajaran senam lantai guling belakang di SD Negeri 1 Karangreja Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen yang berupa angket tertutup. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 1 Karangreja yang berjumlah 37 anak. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian diketahui bahwa motivasi peserta didik kelas V dalam pembelajaran senam lantai guling belakang di SD Negeri 1 Karangreja yang masuk dalam kategori sangat tinggi sebesar 8,11 % (3 siswa), kategori tinggi sebesar 27,03% (10 siswa), kategori sedang sebesar 35,13% (13 siswa), kategori rendah sebesar 24,32% (9 siswa), dan kategori sangat rendah sebesar 5,41% (2 siswa). Berdasarkan hasil tersebut dapat diartikan bahwa motivasi peserta didik kelas V dalam pembelajaran senam lantai guling belakang di SD Negeri 1 Karangreja berkategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dra. Sri Mawarti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: motivasi, pembelajaran, guling belakang
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 01 Nov 2021 02:27
Last Modified: 01 Nov 2021 02:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71240

Actions (login required)

View Item View Item