FAKTOR PENDUKUNG PEMBELAJARAN RENANG PADA SISWA KELAS 5 SD NEGERI 3 PENGASIH KABUPATEN KULONPROGO

Arifin, Alvi Nur (2021) FAKTOR PENDUKUNG PEMBELAJARAN RENANG PADA SISWA KELAS 5 SD NEGERI 3 PENGASIH KABUPATEN KULONPROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_alvi nur arifin_16604221040.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi faktor pendukung pembelajaran renang pada siswa kelas 5 SD Negeri 3 Pengasih Kabupaten Kulonprogo. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai acuan sebelum melakukan pembelajaran renang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan data menggunakan angket tertutup. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 SD Negeri 3 Pengasih yang berjumlah 28 orang. Sempel yang digunakan adalah sempel jenuh. Hasil uji coba instrumen dari 34 butir pernyataan, gugur 10 butir pernyataan dan diperoleh 24 butir pernyataan yang valid dan reliabel. Berdasarkan uji reliabilitas diperoleh hasil 0,918. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil dari penelitian faktor pendukung pembelajaran renang pada siswa kelas 5 di SD Negeri 3 Pengasih pada kategori sangat tinggi 3,57%, kategori tinggi sebesar 28,57%, kategori sedang sebesar 35,72%, kategori rendah sebesar 28,57%, dan kategori sangat rendah sebesar 3,57%.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Hedi Ardiyanto Hermawan, M.Or.
Uncontrolled Keywords: faktor pendukung, pembelajaran renang
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Oct 2021 03:07
Last Modified: 29 Oct 2021 03:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71220

Actions (login required)

View Item View Item