IDENTIFIKASI HAMBATAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RENANG SEKOLAH DASAR DI SD NEGERI JARAKAN DAN SD NEGERI SAWIT TAHUN 2020/2021

Ardika, Bagas (2021) IDENTIFIKASI HAMBATAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RENANG SEKOLAH DASAR DI SD NEGERI JARAKAN DAN SD NEGERI SAWIT TAHUN 2020/2021. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_bagas ardika_16604221041.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan pelaksanaan pembelajaran renang yang terjadi di SD Negeri Jarakan dan SD Negeri Sawit Tahun 2020/2021. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Metode survei dilakukan dengan teknik pengambilan data wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang mendeskripsikan hasil penelitian berdasarkan kata-kata. Hambatan pembelajaran renang di sekolah dasar yang jaraknya tidak jauh dari kolam renang di Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul Tahun 2020/2021 pada penelitian ini yaitu sarana prasarana yang tidak memadai dan guru yang kurang menguasai TI sehingga pembelajaran daring kurang tersampaikan. Faktor lain yang menjadi hambatan terhadap pelaksanaannya yaitu wali murid banyak yang bekerjasehingga apabila pembelajaran renang dilaksanakan pada jam pelajaran, banyak yang tidak bisa mengantar anaknya. Pelaksanaan praktik pembelajaran renang memiliki beberapa faktor pendukung, apabila faktor pendukung tidak berfungsi dan berdaya guna sebagaimana mestinya, maka tujuan dari pelaksanaan praktik pembelajaran renang tidak akan tercapai dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Nur Sita Utami, M.Or.
Uncontrolled Keywords: hambatan, pembelajaran, renang, SD, Sewon
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Oct 2021 02:54
Last Modified: 29 Oct 2021 02:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71218

Actions (login required)

View Item View Item