PENGARUH LATIHAN SINGLE LEG HOP DAN DOUBLE LEG HOP TERHADAP PENINGKATAN POWER TUNGKAI PADA PEMAIN SEPAKBOLA DI SSB KKK KLAJURAN GODEAN

Pangaribowo, M. Guno (2021) PENGARUH LATIHAN SINGLE LEG HOP DAN DOUBLE LEG HOP TERHADAP PENINGKATAN POWER TUNGKAI PADA PEMAIN SEPAKBOLA DI SSB KKK KLAJURAN GODEAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_m guno pangaribowo_17602244039.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perbedaan mean pada latihan pliometrik single leg hop dan double leg hop terhadap peningkatan power tungkai pada pemain sepakbola. (2) Perbedaan mean yang signifikan pada latihan pliometrik single leg hop dan double leg hop terhadap peningkatan power tungkai pada pemain sepakbola. (3) Perbedaan pengaruh yang signifikan antara latihan pliometrik single leg hop dan double leg hop terhadap peningkatan power tungkai pada pemain sepakbola SSB KKK Klajuran Godean. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain “the one groups pre-test-post-test design”. Populasi dalam penelitian ini adalah pemain di SSB KKK Klajuran Godean yang berjumlah adalah 32 atlet. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling, dengan kriteria (1) pemain yang masih aktif mengikuti latihan, (2) tidak dalam keadaan sakit, (3) Kehadiran pada saat treatment minimal 75%, (4) Sanggup mengikuti seluruh program latihan yang telah disusun sesuai protokol kesehatan, (4) berusia KU 14 tahun. Berdasarkan kriteria tersebut yang memenuhi berjumlah 18 atlet. Instrumen untuk mengukur tes tungkai menggunakan vertical jump test, dengan validitas sebesar 0,978 dan reliabilitas sebesar 0,989. Analisis data menggunakan uji t taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan mean pada latihan pliometrik single leg hop dan double leg hop terhadap peningkatan power tungkai pada pemain sepakbola SSB KKK Klajuran Godean, dengan selisih antara pretest dan posttest yaitu kelompok A dengan selisih 2,56 kelompok B dengan selisih 0,78. (2) Ada perbedaan mean yang signifikan latihan pliometrik single leg hop dan double leg hop terhadap peningkatan power tungkai pada pemain sepakbola SSB KKK Klajuran Godean, dengan nilai signifikansi p sebesar 0,000 < 0,05. (3) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara latihan pliometrik single leg hop dan double leg hop terhadap peningkatan power tungkai pada pemain sepakbola SSB KKK Klajuran Godean, dengan nilai t hitung sebesar 4,396 > t tabel (df 16) 2,119 dengan nilai signifikansi p sebesar 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Nawan Primasoni, M.Or.
Uncontrolled Keywords: single leg hop dan double leg hop, power tungkai
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Oct 2021 02:32
Last Modified: 29 Oct 2021 02:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71214

Actions (login required)

View Item View Item