PENGEMBANGAN MODIFIKASI PERMAINAN GOAL BALL UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNA NETRA DI SLB PURWORAHARJO GIRITIRTO PURWOSARI GUNUNGKIDUL

Khoirudin, Andika Zean Fanani (2021) PENGEMBANGAN MODIFIKASI PERMAINAN GOAL BALL UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNA NETRA DI SLB PURWORAHARJO GIRITIRTO PURWOSARI GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_andika zean fanani khoirudin_17604221077.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian Pengembangan Modifikasi Permainan Goal Ball ini bertujuan untuk, menciptakan produk berupa modifikasi permainan Goal Ball sebagai penunjang media pembelajaran materi Goal Ball, guna mempermudah guru dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran Goal Ball di SLB Purwoharjo, Giritirta, Gunungkidul, yang mana kondisi lingkungan di SLB Purwoharjo, kurang memungkinkan untuk melaksanakan dengan lapangan sesungguhnya. Penelitian ini dikembangkan dengan metode penelitian pengembangan (R&D). Pengembangan melewati beberapa tahap yaitu : Potensi dan masalah, Design, Falidasi, Revisi dan Uji Lapangan sehingga belum melakukan proses produksi masal. Validasi ahli materi dan validasi ahli media, dengan hasil validasi mendapatkan nilai 88% kategori “Baik” dan 93% kategori “sangat baik”, uji coba skala kecil mendapatkan presentase penilaian dari 1 responden guru dan 6 responden siswa mendapatkan kualifikasi kualitas dari Aspek Kualitas Materi sebesar 83% masuk kategori “Baik”, Aspek Kebermanfaatan Bagi Guru sebesar 90% kaetogi “Baik”, Aspek Kebermanfaatan Bagi Siswa 80% kategori “Baik”, hasil dari ketiga aspek 84% kategori “Baik” menunjukan bahwa penilaian guru PJOK di SLB Sekar Handayani alat tersebut “Baik”. Tahap uji coba skala besar dengan responden 1 guru dan 12 siswa mendapatkan kualifikasi kualitas dari Aspek Kualitas Materi 90% kategori “Baik”, Aspek Kebermanfaatan Bagi Guru 90% kategoi “Baik”, Aspek Kebermanfaatan Bagi Siswa 80% kategori “Baik”, serta hasil dari ketiga aspek tersebut 88% kategori “Baik” hal ini menunjukan penilaian guru PJOK di SLB Purwoharjo alat tersebut “Baik”, secara keseluruhan alat modifikasi Goal Ball untuk anak berkebutuhan khusus tuna netra ini, valid atau memiliki makna “digunakan”.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Ermawan Susanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pengembangan, media pembelajaran, tuna netra, modifikasi, goal ball
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Oct 2021 02:16
Last Modified: 29 Oct 2021 02:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71213

Actions (login required)

View Item View Item