TINGKAT PENGETAHUAN SISWA KELAS IX TENTANG PERTOLONGAN PERTAMA PADA CEDERA DI SMP NEGERI 3 SLEMAN

Hayyuningtyas, Rifa Kurnia (2021) TINGKAT PENGETAHUAN SISWA KELAS IX TENTANG PERTOLONGAN PERTAMA PADA CEDERA DI SMP NEGERI 3 SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_rifa kurnia hayyuningtyas_17601244099.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik tingkat pengetahuan siswa kelas IX tentang pertolongan pertama pada cedera di SMP Negeri 3 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, metode yang digunakan ialah survey. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 3 Sleman. Sampel penelitian berjumlah 150 siswa dengan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda. Teknik analisis data dengan deskriptif kuantitatif dan dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian diketahui bahwa tingkat pengetahuan siswa kelas IX tentang pertolongan pertama pada cedera di SMP Negeri 3 Sleman sebagai berikut, kategori “sangat kurang” sebesar 5% (8 siswa), kategori “kurang” sebesar 7% (10 siswa), kategori “cukup” sebesar 5% (8 siswa), kategori “baik” sebesar 46% (69 siswa), dan kategori “sangat baik” sebesar 37% (55 siswa). Jadi dapat disimpulkan secara keseluruhan tingkat pengetahuan siswa tentang pertolongan pertama pada cedera di SMP Negeri 3 Sleman pada kategori baik.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Nur Sita Utami, M.Or.
Uncontrolled Keywords: tingkat pengetahuan, pertolongan pertama pada cedera, SMP N 3 Sleman
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Oct 2021 08:42
Last Modified: 25 Oct 2021 08:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71189

Actions (login required)

View Item View Item