Etnomatematika Pada Hunian Tradisional Masyarakat Suku Sasak.

Fauzi, Lalu Muhammad and Hanum, Farida (2021) Etnomatematika Pada Hunian Tradisional Masyarakat Suku Sasak. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-lalu muhammad fauzi-17703261003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (a) menemukan dan mendeskripsikan wujud budaya yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar matematika di Pendidikan Dasar, (b) menemukan dan mendeskripsikan bentuk dan pola pikir matematika masyarakat suku Sasak dalam kehidupan sehari-hari, (c) menemukan dan mendeskripsikan bentuk dan unsur matematika yang terdapat pada hunian tradisional masyarakat suku Sasak, (d) mengidentifikasikan kandungan nilai-nilai budaya yang terkandung dalam hunian tradisional masyarakat suku Sasak, dan (e) menemukan dan mendeskripsikan bentuk atau pola aktivitas budaya yang terdapat pada hunian tradisional masyarakat suku Sasak dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi untuk mengkaji bentuk dan unsur-unsur matematika yang terkandung dalam hunian tradisional masyarakat Sasak dalam perspektif etnomatematika. Subjek utama dalam penelitian ini antara lain budayawan, tokoh adat, ahli matematika dan guru matematika, data diambil pada perkampungan tradisional yang masih ada di pulau Lombok, dengan waktu penelitian selama 12 bulan. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat Suku Sasak sedangkan objek dalam penelitian ini adalah hunian tradisional masyarakat Suku Sasak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis etnografi yang terdiri atas analisis domain, analisis taksonomi, komponen dan analisis tema budaya. Hasil penelitian menggambarkan bahwa: (a) terdapat unsur-unsur dan objek matematika dalam struktur dan arsitektur hunian pada perkampungan tradisional masyarakat suku Sasak yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar matematika di pendidikan dasar, (b) hari masyarakat suku Sasak sudah menggunakan pola pikir analogi, pola pikir induktif, dan pola pikir deduktif dalam aktivitas sehari-hari, (c) pada bentuk dan struktur hunian tradisional masyarakat Suku Sasak mengandung konsep matematika diantaranya konsep geometri dan pengukuran, aritmetika sosial, konsep bilangan, konsep modulo, konsep aljabar, konsep peluang, dan konsep himpunan, (d) terdapat nilai-nilai edukasi pada setiap proses pembangunan hunian tradisional masyarakat suku Sasak yang dapat di impelementasikan dalam pendidikan matematika antara lain nilai ketaatan, solidaritas, gotong royong (kerjasama), realistis, disiplin, terampil, kerja keras, jujur, kreatif dan keberanian; dan (e) ditemukan pola interaktivitas pembelajaran matematika dalam perspektif budaya Sasak.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Etnomatematika, Hunian tradisional masyarakat suku Sasak.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Oct 2021 03:11
Last Modified: 26 Oct 2021 01:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71174

Actions (login required)

View Item View Item