Pengembangan Model Pembelajaran STEM IScIT (Integrative Scientific Thinking) untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa.

Kusumaningtyas, Dian Artha and Jumadi, Jumadi (2021) Pengembangan Model Pembelajaran STEM IScIT (Integrative Scientific Thinking) untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-dian artha kusumaningtyas-18703261004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan model pembelajaran STEM ISCIT (Integrative Scientific Thinking) yang layak untuk meningkatkan kompetensi pedagogoik dan profesional mahasiswa Pendidikan fisika (2) menguji kualialitas model pembelajaran STEM ISCIT (Integrative Scientific Thinking) yang dapat digunakan untuk meningkatkan kompetensi pedagogoik dan profesional mahasiswa Pendidikan fisika (3) menguji keefektifan model pembelajaran STEM ISCIT untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional mahasiswa Pendidikan Fisika. Penelitian ini melalui tahap-tahap pengembangan yakni define, design, development and dissemination. Uji kelayakan produk dilakukan oleh ahli pendidikan fisika, ahli materi, ahli instruksional, ahli teknologi pendidikan, dan ahli evaluasi pembelajaran. Tahap uji coba melibatkan 60 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Ahmad Dahlan dan Universitas Negeri Yogyakarta. Uji coba ini untuk mengetahui keefektifan dan respon subyek terhadap model. Penyimpulan hasil kelayakan para ahli dan persepsi subyek pada penelitian ini dianalisis dengan metode persentase, sedangkan penentuan efektifitas pembelajaran dengan N-gain. Penelitian ini telah menghasilkan model pembelajaran STEM ISCIT beserta perangkat pendukungnya yang layak diimplementasikan untuk mendukung peningkatan kompetensi pedagogik dan profesional mahasiswa. Produk pendukung model pembelajaran yang dihasilkan meliputi Buku Model STEM ISCIT, Bahan Ajar STEM ISCIT, Buku Panduan Penggunaan Dosen STEM ISCIT, Buku Panduan Penggunaan Mahasiswa STEM ISCIT, dan Instrumen Uji Kompetensi. Hasil pengukuran mengemukakan perbedaan uji kompetensi pedagogik dan profesional pada kelas eksperimen dan kontrol subyek UAD dengan mean sejumlah 87,03 dan 45,44 terhadap sumbangan efektif model pembelajaran STEM ISCIT Selanjutnya uji UNY dengan mean sejumlah 91,18 dan 52,82. Berdasarkan nilai N-gain untuk kelas ekperimen subyek UNY sebesar 91,18 % dalam kategori efektif dan kelas kontrol 52,80 % dalam kategori kurang efektif. Sedangkan untuk subyek UAD kelas ekperimen subyek UNY sebesar 87,03 % dalam kategori efektif dan kelas kontrol 45,43 % dalam kategori kurang efektif.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: kompetensi, model pembelajaran, STEM ISCIT
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Oct 2021 03:07
Last Modified: 26 Oct 2021 01:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71173

Actions (login required)

View Item View Item