Model Pembelajaran Integrasi Budaya Indonesia- Thailand Pada Gerak Tari Dasar Putri Melalui Media Berbasis Android.

Srinin, Wathanan and Retnowati, Tri Hartiti (2021) Model Pembelajaran Integrasi Budaya Indonesia- Thailand Pada Gerak Tari Dasar Putri Melalui Media Berbasis Android. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-wathanan srinin-17703264001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengungkapkan integrasi budaya Indonesia- Thailand pada pembelajaran Gerak Tari Dasar Putri, (2) mensintesakan implementasi model pembelajaran integrasi budaya Gerak Tari Dasar Thailand melalui media Android, dan (3) mengungkapkan efektivitas model pembelajaran Gerak Tari Dasar Putri Thailand diterapkan kepada mahasiswa di Program Studi Pendidikan Seni Tari, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dengan tahapan meliputi tahap: 1) analisis, 2) rancangan, 3) pengembangan, 4) implementasi, dan 5) evaluasi. Uji kelayakan produk dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan ahli instrumen. Subjek uji coba penelitian ini adalah 20 mahasiswa semester III dan V Program Studi Pendidikan Seni Tari, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi, dan dianalisis menggunakan uji independent t-test menggunakan Levene Test via SPSS Versi 20. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) integrasi budaya Indonesia- Thailand dalam Gerak Tari Dasar Putri dari penyebaran budaya dan pertukaran budaya satu sama lain yang ditemukan digunakan 3 komponen yaitu: wiraga, wirama, dan wirasa. Persamaan dengan pertunjukan di India juga yang digunakan adalah Bhava, Raga, dan Tala. Meliputi makna dan simbol pada gerak tari yang menunjukkan perhormati kepada orang tua dan aturan-aturan di istana kerajaan. Selain itu ditemukan penari digunakan filosofi yaitu: sawiji, greged, sengguh, ora mingkuh yang menjadi filosofi yang digunakan dalam gaya hidup masyarakat Indonesia sampai saat ini, (2) implementasi Model Pembelajaran Integrasi Budaya Gerak Tari Dasar Putri Thailand melalui media android menghasilkan perubahan- perubahan dalam mahasiswa, baik perubahan dari aspek kognitif, afektif, dan maupun psikomotor terhadap mahasiswa yang memunculkan dalam prestasi mahasiswa oleh penilaian kemampuan dan pengertahuan mahasiswa, dan (3) Efektivitas model pembelajaran integrasi budaya Indonesia-Thailand Pada Gerak Tari Dasar Putri melalui media berbasis android dalam proses implementasi model tersebut menghasilkan perubahan-perubahan dalam dirinya, baik perubahan dari aspek kognitif dan aspek psikomotor terhadap mahasiswa. Dapat melihat dari pada hasil aspek kognitif dan aspek psikomotor mahasiswa dengan berada pada kriteria “sangat baik”. Data tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran integrasi budaya Indonesia-Thailand Gerak Tari Dasar Putri melalui adroid, efektif untuk diterapkan pada pembelajaran seni tari dan belajar mandiri, khususnya bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Tari, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: gerak tari dasar putri Thailand, integrasi budaya Indonesia-Thailand
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Oct 2021 02:30
Last Modified: 26 Oct 2021 01:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71170

Actions (login required)

View Item View Item