AUTENTISITAS MEREKSEBAGAI MEDIATORHUBUNGANSELF-CONGRUITYDENGANLOYALITAS KONSUMEN KEDAI KOPI DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Hidayat, Susilo (2021) AUTENTISITAS MEREKSEBAGAI MEDIATORHUBUNGANSELF-CONGRUITYDENGANLOYALITAS KONSUMEN KEDAI KOPI DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
TAS fulltext_Susilo Hidayat_17112144001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui efek autentisitas merek sebagai mediator hubungan self-congruitydengan loyalitas konsumen kedai kopi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian melibatkan konsumen dari berbagai merek kedai kopidi tengah perkembangan dan persaingan modelbisnis yang tumbuh pesat.Data diperolehdengan metodecross-sectionaldengan convenience/accidentalsamplingmelalui platfromsurvei daring. Diperoleh 430 respons (44,4% laki-laki) konsumen kedai kopi berbagai merek yang berlokasi di DIY. Uji hipotesis efek mediasi dilakukan dengan pendekatan bootstrapingdan analisis tambahan pendekatan causal stepmenggunakan Uji Sobel.Self-congruitydanautentisitas merek memberikan efek positif pada loyalitas merek. Terdapat efek mediasi parsial yang dihasilkan autentisitas merek pada hubungan self-congruityterhadap loyalitas merek.Metode cross-sectionaldan banyaknya nama merek kedai kopi yang menjadi referen membuat kebermanfaatan penelitian ini kurang menjangkau sektor lain.Pengelola merek harus megutamakan autentisitas merek, disertai usaha pemasaran dengan targetingdan segmentasi yang mantap dan jelas(self-congruity). Merek harus konsisten, memahami seluk-beluk produk, serta selalu berusaha meningkatkan profesionalisme dan kualitas produk.Di sisi lain, konsumen harus mampu melakukan penilaian yang komprehensif sebuah merek, baik penilaian fugsional maupun simbolik. Penilaian tidak boleh hanya didasarkan pada first impressiondan halo effect. Konsumen harus awas terhadap merek yang hanya “menjual” elemen simbolik, fungsionalitas rendah, dan kurang autentik.Penelitian ini memberikan bukti empiristopik yang dibahas dengan pendekatan kuantitatif.Pertimbangan konsumen untuk loyal pada merek tidak hanya didasari kesesuaian konsep diri yang dimiliki dengan citra merek/citra pengguna merek, namun juga autentisitasmerek. Kata Kunci:Autentisitas merek, loyalitas merek, self-congruity, dan kedai kopi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Psikologi
Depositing User: Jurusan Psikologi
Date Deposited: 19 Oct 2021 06:07
Last Modified: 19 Oct 2021 06:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71159

Actions (login required)

View Item View Item