Pengembangan Model Pembelajaran Interpersonal pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Ainiyah, Nur and Gufron, Anik (2021) Pengembangan Model Pembelajaran Interpersonal pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-nur ainiyah-15703261066.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan model pembelajaran interpersonal yang layak untuk meningkatkan keterampilan interpersonal peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, (2) mengetahui kepraktisan pelaksanaan model pembelajaran interpersonal untuk meningkatkan keterampilan interpersonal peserta didik pada mata pelajaran PAI, (3) mengetahui efektivitas model pembelajaran interpersonal yang dikembangkan untuk meningkatkan keterampilan interpersonal peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Penelitian R&D ini dilaksanakan di SMPN 1 Salaman Magelang. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas 7 dengan sampel sebanyak 116, yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Penilaian terhadap rancangan model yang dikembangkan dilakukan dengan cara validasi ahli dan uji coba model sebanyak dua kali yaitu uji coba terbatas dan uji coba diperluas. Desain uji coba menggunakan desain eksperimen one group pretest posttest design pada uji coba terbatas dan pretes posttest control group design pada uji coba diperluas. Data berkaitan dengan keterterapan model dan penilaian keterampilan interpersonal peserta didik diperoleh melalui pengamatan, sedangkan data berkaitan dengan respons peserta didik diperoleh melalui angket. Analisis data untuk mengetahui efektivitas model dilakukan dengan uji independent sample t test dengan bantuan SPSS 20, setelah sebelumnya memenuhi uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) diperolah desain model pembelajaran interpersonal yang layak untuk meningkatkan keterampilan interpersonal peserta didik pada mata pelajaran PAI dibuktikan dengan hasil penilaian ahli dengan rata-rata kategori sangat baik, (2) hasil pengamatan terhadap keterterapan model pembelajaran menunjukkan rata-rata skor sebesar 0,85 yang berarti kriteria keterterapan model sangat baik, sedangkan rata-rata skor respons peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran sebesar 0,87 atau dalam kategori sangat baik. (3) diperoleh skor pengamatan akhir keterampilan interpersonal sebesar 0,026 (0,026 < 0,05) atau nilai t hitung lebih besar dari t tabel (2,272 > 1,980). Dengan demikian, terdapat perbedaan keterampilan interpersonal antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hal ini berarti penggunaan model pembelajaran interpersonal efektif untuk meningkatkan keterampilan interpersonal peserta didik.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran interpersonal, keterampilan interpersonal, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Agama
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Filsafat. Psikologi. Agama > Studi Islam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Oct 2021 05:30
Last Modified: 26 Oct 2021 01:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71157

Actions (login required)

View Item View Item