Pengembangan Model Pengambilan Keputusan Kepala SMK Berbasis Multikriteria Terintegrasi.

Supriadi, Didi and Usman, Husaini (2021) Pengembangan Model Pengambilan Keputusan Kepala SMK Berbasis Multikriteria Terintegrasi. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-didi supriadi-17704269002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pengambilan keputusan berbasis multikriteria terintegrasi sistem informasi manajemen dan sistem pendukung keputusan (IMCDM-Principal) yang efektif untuk pengambilan keputusan bagi kepala SMK. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang terdiri atas 10 tahapan. Uji kelayakan model melibatkan pakar manajemen pendidikan, pakar pengambilan keputusan, dan pakar tekologi informasi. Ujicoba pendahuluan, uji coba utama, dan ujicoba operasional dilaksanakan di delapan SMK di DIY. Populasi penelitian adalah semua kepala sekolah SMK di DIY dengan sampel penelitian yaitu delapan kepala sekolah dan dua orang wakil per SMK. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif deskriptif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian sebagai berikut. (1) Kepala SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta selama ini menggunakan model rasional dalam proses pengambilan keputusan. Kelemahan model rasional yang digunakan belum mempunyai sistem pendukung keputusan dan belum terintegrasi dengan sistem informasi manajemen. Model pengambilan keputusan berbasis multikriteria terintegrasi layak secara teoritik berdasarkan validasi ahli dan pengguna, dan layak secara empirik melalui tiga tahap uji coba. (2) Kelayakan penilaian pakar untuk model pengambilan keputusan IMCDM-Principal dan panduan penggunaan model memperoleh skor rata-rata 4,30 berdasarkan aspek kemanfaatan, fungsionalitas, pengoperasian, kualitas informasi, dan desain/tampilan. Hasil penilaian pengguna saat ujicoba menunjukkan nilai rata-rata sebesar 4,26. (3) Keefektifan model pengambilan keputusan IMCDM-Principal diukur dari meliputi empat aspek, yaitu: manfaat, kemudahan penggunaan, kemudahan belajar, dan kepuasan. Skor rata-rata hasil penilaian yang diberikan oleh kepala sekolah SMK terhadap aspek kegunaan adalah 4,16; aspek kemudahan dalam menjalankan aplikasi 3,81; aspek kemudahan mempelajari 3,92, aspek kepuasan pengguna terhadap aplikasi IMCDM-Principal 4,14. Hasil pengujian statistik menunjukkan bahwa model telah efektif karena nilai rata-rata 4,16 signifikan lebih dari 3,00.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: multikriteria terintegrasi, pengambilan keputusan, sistem pendukung keputusan
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Oct 2021 04:51
Last Modified: 28 Sep 2022 08:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71153

Actions (login required)

View Item View Item