Pengembangan Model Evaluasi Kurikulum Al-Irsyad sebagai Landasan dalam Penguatan Ideologi Pendidikan Al-Irsyad.

Subando, Joko and Kartowagiran, Badrun (2021) Pengembangan Model Evaluasi Kurikulum Al-Irsyad sebagai Landasan dalam Penguatan Ideologi Pendidikan Al-Irsyad. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-joko subando- 15701261014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan konstruksi model evaluasi kurikulum Al-Irsyad yang dapat digunakan sebagai landasan dalam penguatan ideologi pendidikan Al-Irsyad (EKADIOLOGI), (2) menghasilkan deskripsi kelayakan model EKADIOLOGI, (3) menghasilkan deskripsi keefektifan model EKADIOLOGI, dan (4) menghasilkan deskripsi hasil evaluasi kurikulum Al- Irsyad menggunakan model EKADIOLOGI. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE,. Kegiatan analisis untuk mengidentifikasi kebutuhan model evaluasi yang dilanjutkan dengan telaah literatur untuk mendapatkan konstruk model EKADIOLOGI. Produk awal model dikembangkan dengan melakukan konfirmasi kepada pakar, praktisi dan pengguna model yang berjumlah 11 orang. Ujicoba model dilakukan pada sekolah Al-Irsyad di 9 kota yaitu Karawang, Bandung, Cirebon, Purwokerto, Pemalang, Surakarta, Tawangmangu, Bondowoso dan Banyuwangi dengan melibatkan 159 responden pada ujicoba terbatas dan 492 responden pada ujicoba diperluas. Data hasil uji keterbacaan instrumen model, panduan penggunaan model, kelayakaan model dianalisis secara deskriptif kuantitatif sedangkan hasil ujicoba instrumen dianalisis dengan Exploratory Factor Analisys (EFA), dan Confirmatory Factor Analisys (CFA) untuk mendapatkan gambaran validitas konstruk dan Cronbach Alpha untuk mendapatkan nilai estimasi reliabilitasnya. Kesimpulan penelitian adalah: (1) model EKADIOLOGI terdiri atas evaluasi desain, proses, output, dan outcome. Dimensi desain mencakup tujuan, konten, aktifitas pembelajaran dan evaluasi pembelajaran, dimensi proses mencakup dukungan emosional, manajemen kelas dan dukungan instruksional, dimensi output mencakup sikap dan pandangan siswa yang mencerminkan delapan aspek ideologi pendidikan Al-Irsyad yaitu sumber hukum, tauhid, ibadah, akhlak, kesetaraan, pengetahuan, modernitas dan ukhuwah, dimensi outcome mencakup perilaku siswa yang mencerminkan delapan aspek ideologi di atas. (2) Model EKADIOLOGI memiliki panduan model yang sangat baik dan instrumen yang valid dan reliabel. Instrumen Model EKADIOLOGI telah diuji secara empirik sehingga diperoleh model yang fit, memiliki p-value sebesar 0.08846 (p≥0.05), RMSEA sebesar 0.049 (RMSEA≤0.08), nilai NFI 0.93 (≥0.9), CFI 0.98 (≥0.9), dan IFI sebesar 0,98 (≥0,90). (3) Keefektifan model EKADIOLOGI mendapat penilaian sangat baik dari expert dan pengguna. (4) Hasil evaluasi kurikulum di sekolah-sekolah Al-Irsyad menunjukkan bahwa evaluasi desain termasuk kriteria sangat baik, proses, output dan outcome termasuk kriteria baik.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Model Evaluasi, Kurikulum Al-Irsyad, Ideologi Pendidikan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Oct 2021 04:15
Last Modified: 11 Jul 2022 02:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71150

Actions (login required)

View Item View Item