Pengembangan Tes Peminatan Berbasis Computerized Adaptive Testing Menggunakan Pendekatan Fuzzy Expert System.

Wulandari, Fitri and Hadi, Samsul (2021) Pengembangan Tes Peminatan Berbasis Computerized Adaptive Testing Menggunakan Pendekatan Fuzzy Expert System. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-fitri wulandari-16701261018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Tes Peminatan merupakan salah satu alternative upaya untuk mengukur kemampuan dan potensi siswa pada suatu hal atau bidang studi. Pengembangan tes peminatan pada penelitian ini berfokus pada tes kognitif yaitu kemampuan intelegensi siswa dalam berpikir, mengetahui dan memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan menghasilkan (1) model inferensi computerized adaptive testing (CAT) dengan algoritma fuzzy expert system (CAT FES) dalam prosedur pemilihan butir soal yang tepat dengan kemampuan siswa, (2) keberfungsionalitasan CAT FES dalam prosedur pemilihan butir soal yang tepat dengan kemampuan siswa, dan (3) performansi sistem CAT FES untuk mengukur kemampuan siswa, dan (4) sistem aplikasi (CAT FES) yang tepat dan akurat dalam merekomendasikan peminatan siswa. Penelitian dengan pendekatan Research and Development (R&D) ini terbagi dalam dua tahap yaitu (1) tahap pengembangan aplikasi CAT berbasis FES, (2) tahap implementasi produk CAT berbasis FES. Tahap pengembangan aplikasi mengacu pada model Pressman yaitu model waterfall melalui empat tahap utama yaitu (1) analisis, (2) desain atau perancangan, (3) implementasi, dan (4) pengujian. Pada tahap implementasi produk, dilakukan uji coba program CAT FES pada siswa-siswi kelas IX di laboratorium SMP N 5 Yogyakarta. Materi tes yang diujikan adalah 5 paket tes yang terdiri dari paket Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan angket yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aplikasi CAT FES yang dikembangkan menggunakan model inferensi Tsukamoto dapat mengemas pemilihan butir tes yang tepat sesuai dengan kemampuan siswa, (2) Aplikasi CAT-FES mampu (a) mengelola bank soal, (b) menampilkan butir tes pertama berdasarkan hasil PreTest, (c) menampilkan butir-butir tes sesuai dengan kemampuan siswa, (d) memunculkan pilihan jawaban secara acak, dan (e) mengatur banyaknya butir tes yang diberikan kepada siswa sesuai dengan tingkat kemampuannya, (3) Aplikasi CAT-FES mampu mengukur kemampuan siswa (4) Aplikasi CAT-FES berhasil memberikan rekomendasi peminatan kepada siswa sesuai dengan hasil pada lima mata pelajaran.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Tes peminatan, Computerized adaptive testing, Fuzzy Expert System
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Oct 2021 04:01
Last Modified: 19 Oct 2021 04:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71148

Actions (login required)

View Item View Item