Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Bermain Bola Basket.

Aryanto, Budi and Sukoco, Pamuji (2021) Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Bermain Bola Basket. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-budi aryanto-14701261006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan suatu instrumen asesmen keterampilan bermain bola basket untuk siswa SMA yang sahih, andal, praktis dan mempunyai norma penilaian untuk mengukur keterampilan bermain bola basket. Pengembangan instrumen asesmen keterampilan bermain bola basket untuk siswa SMA ini dimaksudkan agar para guru dan pelatih ekstrakurikuler bola basket tingkat SMA dapat melakukan penilaian secara objektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Proses pengembangan dilakukan melalui lima tahap yaitu tahap perancangan tes, tahap uji coba tes, tahap penetapan validasi, tahap penetapan reliabilitas, dan tahap interpretasi skor tes. Penetapan konstruk instrumen yang terdiri atas instrumen skill execution dan decision making dilakukan melalui pendapat ahli permainan bola basket, ahli pendidikan jasmani, dan ahli pengukuran olahraga. Subjek penelitian terdiri dari siswa SMA yang mengikuti ekstrakurikuler bola basket di Daerah istimewa Yogyakarta. Penentuan validitas konstruk menggunakan teknik Exploratory Factor Analysis (EFA), untuk uji skala kecil. Teknik Confirmatory Factor Analysis (CFA) untuk uji skala besar. Penentuan koefisien reliabilitas instrumen menggunakan koefisien inter rater korelasi intra kelas (Intraclass Correlation Coefficients/ICC). Kesimpulan hasil penelitian adalah: 1) Instrumen asesmen keterampilan bermain bola basket ini berbentuk otentik asesmen yang terdiri atas pengamatan terhadap skill execution dan decision making dengan memakai lembar observasi yang memiliki spesifikasi tujuan, karakteristik, komponen, instrumen, dan panduan pelaksanaan yang jelas, instrumen untuk mengukur keterampilan bermain bola basket terdiri dari dua instrumen yaitu instrumen untuk mengukur skill execution dan instrumen untuk mengukur decision making, 2) Instrumen asesmen keterampilan bermain bola basket mempunyai kualitas instrumen pengukuran yang baik, dibuktikan dengan tingkat validitas instrumen yang baik dan tingkat reliabilitas instrumen yang baik pula. Dibuktikan dengan validitas isi dengan melaksanakan teknik Delphi dan penilaian para ahli dengan Aiken’s V sebesar 0,93-1. Validitas konstruk dibuktikan dengan uji EFA dan CFA dan terbukti valid. Reliabilitas dibuktikan dengan reliabilitas inter rater ICC dengan tingkat reliabilitas inter rater sebesar 0,840 dan 0,836. Tingkat reliabilitas tersebut menunjukkan instrumen mempunyai reliabilitas yang besar, 3) Tersusun norma instrumen keterampilan bermain bola basket, 4) Instrumen asesmen keterampilan bermain bola basket efektif untuk mengukur kemampuan bermain bola basket.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: instrumen, asesmen, keterampilan bermain bola basket
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Oct 2021 03:47
Last Modified: 19 Oct 2021 04:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71146

Actions (login required)

View Item View Item