OPTIMALISASI SEO (SEARCH ENGINE OPTIMIZER) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN UNSUR VISIBILITY DALAM WEBOMETRIC

Hernawati, Kuswari (2009) OPTIMALISASI SEO (SEARCH ENGINE OPTIMIZER) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN UNSUR VISIBILITY DALAM WEBOMETRIC. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2009. ISSN 978‐979‐16353‐3‐2

[img]
Preview
Text
T.22 Kuswari Hernawati.pdf

Download (331kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Webometric adalah sebuah teknik perangkingan atau pemeringkatan universitas di dunia yang merupakan inisiatif untuk mempromosikan dan membuka akses publikasi ilmiah guna meningkatkan kehadiran akademik dan lembaga‐lembaga penelitian di Situs Web. Ada empat faktor utama yang menentukan rangking sebuah universitas, yaitu: Visibility (V), Size (S), Rich Files (R) dan Scholar (Sc), dimana faktor visibility mempunyai bobot penilaian paling tinggi yaitu sebesar 50%, size 20%,rich file 15% dan scholar 15%. Tingginya bobot penilaian pada unsur visibility, maka perlu dilakukan upaya untuk mengoptimalkan nilai pada unsur tersebut, salah satunya yaitu dengan SEO. SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut, yang disebut dengan PageRank. Berdasarkan prinsip kerja PageRank, secara umum bisa dikatakan bahwa halaman web yang memperoleh peringkat tinggi adalah halaman web yang banyak di‐link oleh halaman web lain. Nilai PageRank juga akan semakin tinggi apabila halaman web yang mengarah kepadanya juga memiliki kualitas yang tinggi.Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung. Dengan mengoptimalkan SEO, diharapkan nilai pada unsur visibility dapat meningkat, sehingga dapat meningkatkan peringkat pada webometric. Kata kunci : visibility, SEO, Webometric

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: visibility, SEO, Webometric
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2009
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 31 Oct 2012 07:23
Last Modified: 15 Oct 2019 05:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7114

Actions (login required)

View Item View Item