HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DAN EFIKASI DIRI DENGAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH KELAS V SEKOLAH DASAR SEGUGUS 2 KECAMATAN SRANDAKAN

Nadiyah, Hanin Nur (2021) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DAN EFIKASI DIRI DENGAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH KELAS V SEKOLAH DASAR SEGUGUS 2 KECAMATAN SRANDAKAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Hanin Nur Nadiyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan tanggung jawab belajar, 2) hubungan antara efikasi diri dengan tanggung jawab belajar, 3) hubungan antara dukungan sosial orang tua dan efikasi diri secara bersama-sama dengan tanggung jawab belajar peserta didik dalam pembelajaran jarak jauh kelas V SD se-Gugus 2 Kecamatan Srandakan. Tanggung jawab belajar adalah kemampuan peserta didik dalam menjalankan kewajiban belajar tanpa paksaan. Dukungan sosial orang tua adalah dukungan yang diberikan orang tua berupa dukungan emosional, instrumental, penghargaan, informasi serta persahabatan. Efikasi diri adalah keyakinan diri peserta didik dalam melaksanakan tugas belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan populasi sebanyak 112 peserta didik. Instrumen penelitian berupa skala tanggung jawab belajar, skala dukungan sosial orang tua, dan skala efikasi diri. Uji validitas dilakukan dengan konsultasi ahli kemudian dihitung menggunakan koefisien korelasi item terkoreksi sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data dilakukan menggunakan korelasi Product Moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan korelasi antara dukungan sosial orang tua dengan tanggung jawab belajar sebesar 0,666 dengan nilai signifikansi 0,000 dengan kategori kuat. Korelasi antara efikasi diri dengan tanggung jawab belajar sebesar 0,803 dengan nilai signifikansi 0,000 dengan kategori sangat kuat. Korelasi antara dukungan sosial orang tua dan efikasi diri secara bersama-sama dengan tanggung jawab belajar sebesar 0,814 dengan nilai signifikansi 0,000 dengan kategori sangat kuat. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara dukungan sosial orang tua dan efikasi diri dengan tanggung jawab belajar, baik secara parsial maupun secara bersama-sama. Kata kunci : dukungan sosial orang tua, efikasi diri, tanggung jawab belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 14 Oct 2021 05:18
Last Modified: 14 Oct 2021 05:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71118

Actions (login required)

View Item View Item