PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS III KECAMATAN NGANJUK KABUPATEN NGANJUK TAHUN AJARAN 2020/2021

Kusumastuti, Karlina (2021) PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS III KECAMATAN NGANJUK KABUPATEN NGANJUK TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Karlina Kusumastuti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemandirian belajar siswa kelas IV SD se-Gugus III Kecamatan Nganjuk, Kabupaten Nganjuk yang belum memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri terhadap kemandirian belajar siswa kelas IV SD se-Gugus III Kecamatan Nganjuk, Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD se-Gugus III Kecamatan Nganjuk, Kabupaten Nganjuk yang berjumlah 268 siswa dengan sampel penelitian berjumlah 162 siswa yang ditentukan menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi yang diujicobakan kepada 50 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala kemandirian belajar dan konsep diri. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan teknik expert judgement. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rhitung lebih besar dari rtabel yaitu 0,830 > 0,159 dan thitung lebih besar dari ttabel yaitu 18,843 > 1,645. Sehingga dapat dikatakan bahwa konsep diri mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,689, yang artinya konsep diri berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar sebesar 68,9%. Kata kunci: kemandirian belajar, konsep diri.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 14 Oct 2021 04:42
Last Modified: 14 Oct 2021 04:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71113

Actions (login required)

View Item View Item