Model Tes Kompetensi Guru Matematika Berbasis Jenjang Jabatan Fungsional.

Sumaryanta, Sumaryanta and Kartowagiran, Badrun (2021) Model Tes Kompetensi Guru Matematika Berbasis Jenjang Jabatan Fungsional. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-sumaryanta-17701261010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Tes kompetensi guru berbasis jenjang jabatan fungsional sangat diperlukan untuk menghasilkan peta kompetensi guru berbasis jenjang jabatan fungsional, tetapi belum ada tes kompetensi guru yang disusun berbasis jenjang jabatan fungsional. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model tes kompetensi guru matematika berbasis jenjang jabatan fungsional. Secara spesifik, tujuan penelitian ini adalah menyusun, mengkaji kualitas, dan mengkaji efektivitas model tes kompetensi guru matematika SMA jenjang pertama dan muda. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan merupakan modifikasi dari Model Plomp, meliputi analisis, desain, evaluasi, dan revisi, yang diintegrasikan dengan tahap pengembangan tes dari Oriondo & Dallo–Antonio, meliputi perencanaan tes; ujicoba tes; penentuan validitas dan reliabilitas, serta interpretasi skor tes. Responden untuk pengembangan model tes ini adalah 392 orang guru matematika SMA dari 21 kabupaten/kota yang berasal dari 18 propinsi, 15 orang widyaiswara PPPTK Matematika, dan 6 orang dosen. Pengumpulan data melalui studi dokumentasi, metode DELPHI, FGD, dan tes. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar kajian kompetensi, lembar keterbacaan perangkat tes, lembar keterbacaan panduan tes dan lembar telaah tes. Teknik analisis data meliputi: analisis indeks validitas isi dengan indeks Aiken, analisis validitas konstruk dengan analisis faktor konfirmatori, analisis soal dengan teori tes klasik dan teori respons butir, analisis data FGD dengan teknik analisis kualitatif, dan analisis data ujicoba panduan dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan model tes kompetensi guru matematika SMA berbasis jenjang jabatan fungsional untuk jenjang pertama dan muda, terdiri dari perangkat tes serta pedoman model tes dan penggunaannya. Perangkat tes terbukti valid dan reliabel untuk mengukur kompetensi pedagogik dan profesional guru matematika SMA jenjang pertama dan muda, berbentuk pilihan ganda masing-masing terdiri 30 butir dengan empat altenatif jawaban. Panduan model tes dan penggunannya memiliki kualitas baik, meliputi: panduan penentuan scope guru matematika SMA jenjang pertama dan muda, panduan penyusunan perangkat tes kompetensi guru matematika SMA jenjang pertama dan muda, dan panduan penggunaan model tes kompetensi guru matematika SMA jenjang pertama dan muda. Model tes yang dihasilkan dalam penelitian ini terbukti efektif menghasilkan peta kompetensi guru matematika SMA jenjang pertama dan muda. Peta kompetensi yang dihasilkan meliputi peta kompetensi pedagogik, peta kompetensi profesional dan/atau peta kompetensi gabungan pedagogik dan profesional, baik di tingkat individu, kabupaten/kota, provinsi, maupun nasional.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model tes kompetensi, guru matematika, jenjang jabatan fungsional
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Oct 2021 03:30
Last Modified: 19 Oct 2021 03:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71050

Actions (login required)

View Item View Item