PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SELAMA PERKULIAHAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19

Cinta Paramita, Pratrisya (2021) PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SELAMA PERKULIAHAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Pratrisya_Skripsi Fulltext (1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pandemi COVID-19 menuntut mahasiswa melakukan penyesuaian terhadap proses perkuliahan yang sebelumnya dilakukan secara luring dialihkan menjadi daring. Hal tersebut memunculkan berbagai tekanan tersendiri bagi mahasiswa sehingga diperlukan adanya keyakinan kuat mahasiswa agar dapat bertahan dengan kondisi sulit selama perkuliahan daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri diri terhadap resiliensi akademik mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta selama perkuliahan daring di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subyek yang terlibat pada penelitian ini adalah 408 mahasiswa program sarjana (S1) Universitas Negeri Yogyakarta. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah Skala Efikasi Diri yang disusun berdasarkan teori Bandura dan modifikasi Academic Resilience Scale (ARS). Validitas isi pada instrumen dilakukan melalui expert judgement dan dilakukan seleksi item menggunakan corrected-item total correlations. Reliabilitas data menggunakan koefisien reliabilitas Cronbach’s Alpha, yaitu sebesar 0,924 pada Skala Efikasi diri dan 0,938 pada Skala Resiliensi Akademik. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji regresi linear sederhana yang dibantu aplikasi IBM Statictic SPSS versi 26 . Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis penelitian diterima, yakni ada pengaruh positif efikasi diri terhadap resiliensi akademik mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta selama perkuliahan daring di masa pandemi COVID-19 (R = 0.700, p<0.05) dan T hitung bernilai positif. Hasil tersebut menunjukkan bahwa efikasi diri menjelaskan 70% varian resiliensi akademik, dan semakin tinggi efikasi diri, maka resiliensi akademik akan turut meningkat. Kata Kunci: efikasi diri, resiliensi akademik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Psikologi
Depositing User: Jurusan Psikologi
Date Deposited: 15 Sep 2021 09:18
Last Modified: 15 Sep 2021 09:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71024

Actions (login required)

View Item View Item