PENGARUH APLIKASI TANAMAN BARRIER TERHADAP DINAMIKA POPULASI ARTHROPODA TANAH PADA PERTANAMAN PADI GOGO (Oryza sativa L.)

Abdul Aziz, Farid (2020) PENGARUH APLIKASI TANAMAN BARRIER TERHADAP DINAMIKA POPULASI ARTHROPODA TANAH PADA PERTANAMAN PADI GOGO (Oryza sativa L.). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Fulltext_SKRIPSI_Farid Abdul Aziz.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui jenis arthropoda tanah yang ditemukan pada pertanaman padi Gogo (Oryza sativa L.) dengan variasi berbagai macam jenis tanaman barrier. (2) mengetahui dinamika populasi arthropoda tanah pada pertanaman padi Gogo (Oryza sativa L.) dengan variasi berbagai jenis tanaman barrier. (3) mengetahui pengaruh aplikasi tanaman barrier yang paling berpengaruh terhadap dinamika populasi arthropoda tanah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen rancangan acak lengkap dengan mengamati dinamika populasi arthropoda tanah pada pertanaman padi. Pengambilan data dilakukan menggunakan metode pitfall trap. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh arthropoda tanah yang berada di kawasan penanaman padi, sedangkan sampel dari penelitian ini adalah arthropoda tanah yang terperangkap pada pitfall trap. Penelitian ini dilakukan selama 18 minggu dengan pengambilan data sebanyak 6 kali. Data yang diambil meliputi: data klimatik edafik pada setiap pengamatan dan seluruh jenis arthropoda tanah pada pertanaman padi. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif menggunakan analisis deskriptif yang meliputi indeks keanekaragaman, indeks kemerataan, indeks dominansi, indeks kekayaan, dan secara statistik dengan uji One Way Anova pada taraf α = 5%.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa didapatkan 15 famili arthropoda tanah. Dinamika populasi arthropoda tanah pada pertanaman padi mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Tanaman barrier sebagai perlakuan ini tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap dinamika populasi arthropoda tanah pada pertanaman padi. Kata kunci : Dinamika populasi, tanaman barier, arthropoda tanah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Biologi
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 11 Sep 2021 06:35
Last Modified: 11 Sep 2021 06:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71011

Actions (login required)

View Item View Item